ZeuS Source Code Siap Mencuri Data Anda

May 31, 2011

Reading time ~1 minute

Sebentar lagi dunia internet mungkin akan berperang melawan berbagai varian baru dari ZeuS banking trojan, apa yang terjadi ? karena kali ini si pembuat malware ini telah mempublikasi source code nya dan di berikan secara online. ZeuS  merupakan tools yang sangat populer untuk kejahatan (crimeware toolkit) walaupun pengembanganya dihentikan namun masih banyak yang terus mengembangkan software ini.

ZeuS Bot atau yang disebut sebut dengan Zbot trojan ini adalah sebuah malware paling canggih yang pernah ada, kecanggihanya dapat dibuktikan dengan kemampuanya untuk melakukan beberapa aktivitas cyber kriminal , dimulai dari mencuri online gaming credentials hingga mencuri account bank dan membuat transaksi palsu.

Kreatornya bermama Slavik, dia memutuskan untuk meninggalkan menulis program malware dan secara mengejutkan memberikan source code toolkit nya kepada Gribodemon, orang yang membuat SpyEye, sebuah malware banking trojan.

Gribodemon tentu saja nantinya ingin memporting fitur yang dimiliki ZeuS kedalam SpyEye untuk menghasilkan sebuah super trojan, hingga akhirnya pada Januari yang lalu, seseorang yang bukan Gribodemon memposting pengumuman di sebuah forum underground mengenai ZeuS source code yang tersedia untuk di jual.

Versi yang di iklankan saat itu sudah mencapai 2.0.8.9, yang pastinya ini sama dengan paket yang di distribusikan secara gratis. Semoga keberadaan source code berbahaya ini akan memperkuat para antivirus vendor untuk menciptakan signature yang lebih baik untuk mendeteksi variasi dari trojan ini.

Review mengenai penggunaan ZeuS/Zbot ini dapat disimak dari fortiguard

comments powered by Disqus