Yang + dari Google Plus dan Facebook

July 12, 2011

Reading time ~2 minutes

1st Gen Google Plus1st Gen Google Plus

Nampaknya Google masih memiliki keinginan untuk membuat rivalnya Facebook, dengan user yang sudah mencapai miliaran, Google nampaknya tidak takut untuk mencoba kembali untuk membangun saingan Facebook kali ini, walaupun sebelumnya Project Orkut telah gagal menggaet hati para user, kini google melahirkan Google + dengan konsep yang mirip dengan twitter, Google + hadir memberikan warna baru dalam melakukan social network.

Apa saja perbedaanya ?

Beberapa perbedaan signifikan adalah kecepatan web nya, sangat cepat diakses karena tampilanya yang intuitif, sederhana dan informatif, untuk menggunakan account ini pun hanya memerlukan gmail account yang sudah mendapat undangan.

Dari sisi upload gambar, Google menggunakan kompresi gambar yang lebih baik dari Facebook, dimana foto foto di Facebook gambarnya memang resolusinya di perkecil dengan engine yang kurang bagus, sehingga gambar jadi terlihat tidak menarik. Selain itu, di google + terdapat fitur Exif, sehingga kita bisa melihat meta data foto tersebut secara langsung. Sebagai tambahan lagi, Google + memiliki fitur editing, dengan demikian fitur ini memungkinkan kita untuk meretouch foto kita, kali ini hanya tersedia beberapa preset sepert color enhancher, black and white dan lainya.

Google plus juga hadirkan Conference, yang disebut dengan hangout, teknologi ini memungkinkan kita ngongko bareng ngumpul kaya conference, dan kita bisa menggunakan web cam untuk komunikasi ini.

Stream, Google + memiliki kelebihan baru dalam stream, melihat stream informasi adalah yang yang sangat penting, kita dapat mengklasifikasikan stream berdasarkan circle yang telah kita buat, setiap teman yang kita add akan masuk keadalam circle tertentu, dengan demikian, kita dapat melihat stream mereka berdasarkan circle yang telah kita buat.

Stream juga ada pada bagian photos, sehingga jika kita klik pada bagian photo, maka secara default yang akan ditampilkan adalah foto foto yang baru saja di upload oleh orang orang yang berada dalam circle kita, selain itu kita dapat melihat komentar di samping kanan dengan cepat. Menampilkan picture memiliki kenyamanan sendiri, saat kita klik gambar, gambar tersebut akan diperbesar dengan latar belakang redup, dan kita dapat melihat gambar dengan lebih tajam. Melakukan tagging juga memungkinkan dengan google +. Stream memang sangat intuitif dan memberikan informasi yang dapat di klasifikasikan berdasarkan circle, namun, jika kita ingin memfilter lebih dalam lagi google + mampu melakukan hal ini, yaitu dengan menggunakan fitur mute yang ada pada streamline.

Comment dengan style, dengan google + kita dapat memberikan komen dan menggunakan style, dimana kita dapat menggunakan cetak tebal, miring, garis bawah dengan sintaks ala google +.

Shortcut Key, Kenikmatan menggunakan Gmail adalah karena kecepatanya yang sangat luar biasa, selain itu gmail memiliki fitur shortcut key yang mudah, seperti J untuk next message, K untuk previous, dan seterusnya. Ini juga dapat digunakan melalui google +.

Setidaknya itu beberapa fitur yang sudah kami temui sendiri di google plus. Ingin menjadi pengguna pertama Google + ? anda dapat mendapatkan invitation nya melalui komentar di bawah ini, silahkan post email gmail anda.

comments powered by Disqus