Windows Azure

November 05, 2008

Reading time ~1 minute

Baru baru ini Microsoft Corp mengumumkan akan hadirnya OS terbarunya mereka untuk keperluan cloud operating system seperti yang pernah di katakan Steve Ballmer mengenai hal ini bulan yang lalu dan telah menjadi proyek development selamat 2 tahun yang ditangani oleh Chief Software Architect Ray Ozzie. Proyek yang bernama “Azure,” ini adalah sebuah pondasi dasar akan sebuah hosting system yang akan dijalanka oleh Microsoft, yang merupakan data center pertamanya dan berpotensial akan memberikan kesempatan lisensikepada para center provider. Release pertama dari Microsoft services platform ini akan memprovide sebuah outline kemana Azure akan melangkah.

Apa itu Azure?

Azure adalah sebuah Microsoft operating system untuk cloud computing, dengan code-named Red Dog, dan akan menjadi titik awal dari Azure Service Platform yang akan dijalankan Microsoft yang dimulai pada data center mereka sendiri. Azure juga merupakan sebuah development environment untuk para application builder untuk cloud computing.

Arti dari namaya ?

Azure adalah warna biru dari HSV color space, yang biasanya digunakan untuk mengenerate high-quality computer graphic. Selayaknya Blue sky. yang merupakan sebuah awan kan ?

Apakah ini hanya sebuah Operating system ?

Antara ya dan tidak dimana didalam Azure akan ada elemen dari Windows Server 2008 dan subsystem nya, yang menjadi bagian dari lain dari operating system nya, sama halnya dengan infrastructure service dan application akan berjalan secara terpisah. Sehingga ini memungkinkan kita untuk mengupgrade application atau melakukan tuning pada computing resource dengan sangat mudah. Azure mengkombinasikan beberapa lapisan services yang berjalan didalamnya infrastructure service seperti security dan application service hingga akhirnya menghasilkan sebuah complete cloud platform.

Apa bagian lainya?

Ada 3 bagian lain misalnya Storage, yang akan mengisi file system didalam operating system tradisional, virtualization, akan mempermudah pendistribusian resource, dan desktop development environment yang memberikan kesempatan para developer untuk menjalankan minicloud pada desktop mereka.

comments powered by Disqus