Windows 7 beredar di Internet

November 06, 2008

Reading time ~2 minutes

Beredarnya kopian dari Windows 7 akhirnya merambah dunia the hanya dalam satu jam setelah Microsoft Corp mengumumkanya. Source ini kabarnya di dapatkan dari versi preview untuk para developer, menurut beberapa situs tracking BitTorrent. Sebagai contoh Pirate Bay mengetahui versi windows 32-bit nya akan hadir pada 29 Oktober, dan itu hanya satu hari dari pengumuman Microsoft Windows 7 akan hadir yang diadakan pada acara pertemuan para Professional Developer di Los Angeles. Sedangkan yang 64-bit hadir di hari berikutnya.

Sedangkan pada pertengahan minggu ini beberapa kopi dari Windows 7 telah tersedia, dan dapat di download dengan mudah. Satu 32-bit torrent yang di list dalam Pirate Bay menunjukan lebih dari 1,400 “seeders,” dengan kata lain, orang yang sudah memiliki kopi komlit dari OS tersebut, dan telah mendekati 5,300 “leechers,” atau PC yang sedang mendownload data tersebut. Untuk yang versi 32-bit merupakan sebuah Install copy dari Windows 7 Ultimate, menurut salahs atu user yang mengirimkan komentar pada torrent tersebut.

Untuk yang edisi 64-bit lebih kecil Pirate Bay melaporkan hanya sampai 260 seeder dan 900 leecher.

Situs BitTorrent seperti Pirate Bay, Mininova dan Seedpeer memberikan list versi 32-bit Windows 7 dengan ukuran file sekitar 2.72GB, sedangkan yang 64-bit mencapai sekitar 3.36GB.

Microsoft mengatakan detail mengenai Windows 7 hari rabu minggu lalu, disaat Steven Sinofsky, yang mengepalai Windows development, dan beberapa company executive lainya, mempresentasikan operating system terbaru ini melalui technical session yang diadakan di LA. Saat itu juga Microsoft menjanjikan “pre-beta” copy untuk para developer dari Windows 7 hari berikutnya.

Microsoft juga telah melihat penyebaran operating system ini di beberapa situs BitTorrent. Misalnya pada pertengahan 2007, beberapa Windows Vista Service Pack 1 (SP1) yang disebarkan untuk para undangan sekitar 15,000 tester berakhir di BitTorrent dalam hitungan hari. Akhir February, versi final dari Vista SP1 diumumkan di web diperuntukan untuk customer yang membeli OS yang bisa mendownload tak berapa lama kemudian hadir di Pirate Bay bahkan sebelum di release to user.

Sebenarnya bukan hanya Microsoft saja yang kecolongan mengenai operating system terbarunya, ini juga terjadi pada Apple Inc. Dengan di releasenya Mac OS X 10.5, a.k.a. “Leopard,” telah di publish di banyak situs BitTorrent. Seperti halnya Apple dulu menuntut 28 people, yang paling di identifikasi menyebarkan developer preview untuk OS X 10.4, Perusahaan ini mengambil langkah yang legal untuk menghentikan kebocoran ini.

Windows 7 sampai saat ini masih dalam tahap public beta testing sampai awal tahun 2009.

comments powered by Disqus