Windows 7 akan kompatibel dengan XP

May 01, 2009

Reading time ~1 minute

Screenshot windows 7Screenshot windows 7

Microsoft Corp. akan mengeluarkan add-on untuk Windows 7 terbarunya yang memungkinkan user untuk menjalankan aplikasi berbasis Windows XP dalam bentuk virtual machine, dan ini merupakan saat pertama kali Microsoft menggunakan solusi virtualisasi untuk menghasilkan teknologi backward compatibility.

Dengan sebutan ala “Windows XP Mode,” add-on ini akan menciptakan sebuah XP virtual environment yang berjalan pada Virtual PC, yang merupakan Microsoft client virtualization technology yang ada pada Windows 7, kata Scott Woodgate,director dari Windows enterprise and virtualization strategy.

Pada postingan blog microsoft, Woodgate mengatakan add-on ini adalah bagian untuk meyakinkan user agar tidak ragu untuk bermigrasi ke Windows 7. “Yang kita butuhkan adalah menginstall aplikasi yang dikehendaki dalam Windows XP Mode,” kata Woodgate. “Aplikasi ini akan keluar secara langsung pada Windows 7 desktop, dan anda dapat langsung menjalankanya pada Windows 7.”

Windows XP Mode ini akan ditawarkan secara free download dan hanya user yang menjalankan Windows 7 Professional, Ultimate dan Enterprise, saja yang dapat menikmati fitur ini. Windows 7 Enterprise hanya akan terjual untuk perusahaan dengan volume licensing agreement. Windows XP Mode (XPM) membutuhkan processor-based virtualization support untuk memanfaatkan fitur terbaru dari teknologi Microsoft Virtual PC 7, Microsoft juga akan memasukan lisensi full untuk Windows XP Service Pack 3 (SP3) pada add-on tersebut. Sehingga para pengguna Windows 7  nantinya akan memiliki kesempatan untuk menjalankan aplikasi lama mereka tampa harus membayar operating system license (winxp).

Update..

Ternyata Inquirer menyebutkan xp mode tidak mungkin menjadi solusi M$, simak ungkapan charlie demerjian

comments powered by Disqus