Western Digital adopsi teknologi format 4K sector.

March 13, 2010

Reading time ~1 minute

Seperti yang kita ketahui, kalau magnetic hard disk yang ada saat ini hanya mampu menampung 512 bytes data per sector. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut selama 30 tahun ini, sebagaimana banyak hard disk yang saat ini terus meningkat kapasitas nya, dengan demikian industri storage pun mencari banyak cara dan jalan bagaimana untuk meningkatkan space di setiap alokasi sektor harddisk.

Metode baru, dengan kapasitas yang lebih murahMetode baru, dengan kapasitas yang lebih murah

Nampaknya saat ini, Western Digital sudah menemukan cara untuk menginkatkan data per sector menjadi 4,096 bytes.  Hasil temuan ini disebut dengan Western Digital Advanced Format technology. Jadi bagaimana Western Digital menerapkan ini ? caranya sederhana, yaitu dengan cara mengatur dan merubah arsitektur dari disk sector seperti yang ada pada gambar berikut ini:

Disk yang sudah mendukung teknologi ini sepenuhnyaDisk yang sudah mendukung teknologi ini sepenuhnya

Dengan menggunakan Advanced Format, Western Digital mengklaim kalau mereka dapat menurutnkan biaya dari 7 hingga 11% disk space. Western Digital juga mengungkapkan kalau teknologi yang dia miliki dapat meningkatkan burst errorcorrection hingga 50%, berkat adanya Error Correction Code block yang digunakan oleh Advanced Format.

Sebagaimana mestinya banyak komputer yang tidak menggunakan teknologi ini, dengan menggunakan dukungan 4,096 per sector, Advanced Format hard drive ini dapat mengkomunikasikan melalui emulasi 512bytes pada drive interface level. Saat ini Windows Vista, Windows 7, Mac dan juga Linux sudah sangat mendukung format baru ini dan dapat bekerja secara langsung kecuali Windows XP, untuk XP, jika menggunakan advance format, WD user harus menggunakan software yang disebut dengan WD Align yang memastikan drive tersebut untuk bekerja pada Windows XP tampa ada masalah.

Teknologi selengkapnya dapat disimak melalui WD.

comments powered by Disqus