Web Server didalam Web Browser

October 19, 2009

Reading time ~1 minute

Opera Unite memberi nuansa baru pada fitur browserOpera Unite memberi nuansa baru pada fitur browser

Jika anda pengguna browser Opera Software barubaru ini Opera 10 browser akan hadir bersama dengan Opera Unite. Opera Unite adalah sebuah web server yang akan berjalan didalam browser anda, walaupun nantinya anda akan berada dalam kondisi browsing secara pasif di web, Opera Unite memungkinkan anda untuk melakukan sharing photo, chat bahkan menyimpan sebuah simple website yang dapat langsung diakses oleh komputer anda sendiri.

Tujuan dari Opera Unite ini adalah untuk mengizinkan user untuk membuat dan menjadi host bukan hanya untuk website saja, namun untuk beberapa custom web apps yang di persenjatai dengan JavaScript, sehingga memungkinkan anda untuk membuat sebuah sistem private social network seperti mini-Facebook ataupun mini-Flickr misalnya, tools collaborative seperti Google Wave ataupun file sharing darknet juga dapat diwujudkan melalui webserver ini. Untuk menampilkan kemampuan ini dan merealisasikanya, Opera juga telah mengeluarkan beberapa app yang dapat berjalan langsung melalui Unite, termasuk simple photo gallery maker, chat application dan juga streaming music player.

Untuk memulai Opera Unite, anda hanya perlu mendownload versi beta terakhir dari Opera 10. Begitu terinstall, anda tinggal menekan tombol Unite pada bagian bawah kiri browser dan set up account. Begitu Unite up dan berjalan maka anda dapat mengaktifkan aplikasi defaultnya yang meliputi sharing photo, posting message ke teman anda dengan “fridge,” chatting, mendengarkan music, sharing file dan juga hosting web page.

comments powered by Disqus