uTorrent 2.0 akan bypass ISP Throttle

November 04, 2009

Reading time ~3 minutes

Utorrent menjadi penyelamat BitTorrentUtorrent menjadi penyelamat BitTorrent

BitTorrent Inc. dalam waktu dekat ini akan mengimplementasikan BitTorrent protocol baru yang akan memberikan keuntungan baik untuk user maupun ISP. Sementara itu uTorrent 2.0, akan menjadi software tester pertama yang dapat digunakan user dan kali ini software ini dapat menghindari blokir dari ISP untuk menghentikan BitTorrent traffic, dan juga kali ini akan mengoptimasi kemampuan download setiap user yang menggunakanya.

ISP yang telah memblokir dan menurunkan BitTorrent traffic sebenarnya sudah bukan isu lagi, di Malaysia ini pun sudah terjadi dimana mereka memberi limitasi bagi untuk pengguna torrents dengan alasan kalau jika pengguna koneksi BitTorrent semakin banyak akan memperlambat aplikasi lainya dan network traffic.

Pada awal tahun 2007, saat kemampuan network belum menjadi masalah bagi banyak user, penemu BitTorrent Bram Cohen mengatakan kalau para ISP seharusnya mencari cara untuk dapat mengadopsi BitTorrent.

“ISP sudah barang tentu harus melakukan invest untuk membuat jaringan mereka semakin baik dan cepat ketimbang melawan aplikasi yang disukai oleh banyak user” ungkapnya, sementara ini BitTorrent hanya dapat menyarankan agar para user menggunakan non throttling ISP atau melakukan complain kepada ISP customer service.

Setelah banyak perubahan besar berlangsung, Comcast mulai menjaga user untuk melakukan seeding content dengan BitTorrent,dan banyak ISP juga menggunakan aksi yang sama untuk menurunkan BitTorrent traffic. Sehingga, al hasil keadaan network yang normal kini menjadi agenda politik di berbagai negara. Hal inilah yang menginspirasi BitTorrent Inc. Untuk mencari solusi yang dapat meng eliminasi kebutuhan akan adanya blokiran secara menyeluruh, dengan menyelesaikan masalah pada akarnya.

Hal inilah yang melahirkan uTP. uTP yang baru banyak mengalami improvisasi dari penggunaan BitTorrent protocol yang di desain lebih friendly terhadap network. Implementasi saat ini mungkin akan menyebabkan banyak interferensi dengan aplikasi lainya yang menyebabkan banyak ISP mencoba untuk memperlambat traffic nya atau bahkan membloknya sama sekali.

Dengan menggunakan uTP, uTorrent akan memiliki fungsi yang memahami keadaan network dengan memperlambat dirinya sendiri ketika terdeteksinya kongesi pada sebuah network. Tentu saja ini akan memberikan efek yang sangat bagus bagi para ISP ungkap Simon Morris, BitTorrent VP of Product Management. “Jika uTP berhasil maka multi jutaan dollar akan hadir ke para ISP,” ungkap Morris kepada TorrentFreak.

Karena ini berarti, uTorrent akan mengeliminasi kebutuhan dari ISP untuk melakukan throttle BitTorrent traffic pada jaringanya. Tentu saja pengguna uTorrent akan merasakan protokol terbaru ini karena jika diperlukan uTorrent akan menurunkan kecepatan upload ataupun download untuk mencegah terjadinya kongesi dalam jaringan.

Menurut Morris hal yang paling signifikan adalah kecepatan upload yang akan memiliki efek. “Karena melakukan throttling begitu berdampak buruk pada proses upload ketimbang download” ungkapnya.

“Dengan demikian uTP akan menghitung waktu yang akan diambil sebuah packet dan mengirimkanya dari peer A ke peer B, Secara teoritis menyebabkan uTP akan mendeteksi adanya kongesi pada jalur yang dituju, walaupun pada prakteknya nanti akan tetap ada kongesi pada koneksi uplink”

Sehingga hal ini menyebabkan uTorrent tidak akan memperlambat proses web-browsing, dan secara ideal semakin kecilnya terjadinya kongesi maka akan semakin efisien penggunaan sebuah jaringan dan tentu saja ini akan melahirkan kecepatan download yang lebih cepat. uTP saat ini sedang menguji uTorrent v2.0 beta dan mereka tidak menemui masalah yang berarti.

“Saat ini setidaknya sudah ratusan ribu orang yang menggunakan uTorrent v2.0 beta client, dan progresnya juga berjalan dengan lancar, kali ini client v2.0 ini akan menginisiasi outgoing uTP secara default. Sebelumnya client akan selalu menerima incoming uTP connection tampa adanya proses inisiasi,” ungkap Morris.

Kali ini uTP telah menjadi penyelamat BitTorrent jika ini berhasil, maka ini akan menguntungkan bagi para user dan ISP. Spesifikasi dari uTP akan mulai terbuka untuk client lainya untuk dapat mengimplementasikan ini juga.

comments powered by Disqus