Ubuntu 8.10 Desktop Edition

November 03, 2008

Reading time ~4 minutes

Ubuntu saat ini telah menjadi OS yang paling populer di dalam dunia per Linux an (Distrowatch) dengan fokus untuk mempermudah user para developer dapat dikatakan telah berhasil mengatur Ubuntu Linux ini menjadi mudah dipakai oleh banyak user. dan saat ini pun Ubuntu telah banyak di gunakan pada PC assembly, tentu saja dengan free of charge. Versi terakhir saat ini telah mencapai Ubuntu 8.10 Desktop Edition, yang di release untuk memenuhi sasaran akan menignkatnya kebutuhan market saat ini, Khusus nya pada notebook.

Ubuntu® 8.10 Desktop Edition dilengkapi dengan mobile feature, Fleksibilitas dunia computing.

Canonical Ltd. baru baru ini mengumumkan keberadaan Ubuntu® 8.10 Desktop Edition untuk free download pada tanggal 30 October kemarin. Dalam waktu yang sama Canonical juga mengumumkan akan hadirnya Ubuntu 8.10 Server Edition.

Ubuntu 8.10 Desktop Edition khusus untuk anda dan memudahkan anda untuk mengkoneksikan dengan paralatan digital anda. Misalnya dengan di supportnya penggunaan 3G network, user dapat dengan mudah berpindah mode dari wired dan WiFi network ke 3G cellphone network saat sedang travelling. Ubuntu 8.10 juga dilengkapi dengna kemampuan share user dengan menggunakan “guest session” dengan sangat cepat, sehingga memudahkan seseorang untuk menggunakan computer untuk browsing web ataupun check email. dan jika orang itu sangat menikmati penggunaan sebagai Ubuntu guest, mereka dapat menyimpa Ubuntu nya dalam USB key bawa kerumah dan install di komputer mereka sendiri daripada harus memburn a CD.

Sebagai bonus seluruh Ubuntu 8.10 user akan dapat menikmati program dari BBC, dengan streaming kualitas tinggi anda dapat menikmati konten yang dapat anda buka melalui media players di Ubuntu 8.10. Canonical telah melakukan kerjasama kepada BBC agar selurur materialnya mudah diakses oleh banyak user di dunia.

“Ubuntu 8.10 sees us lay the groundwork for a radically different, more mobile, desktop computing environment over the next two years,” says Jane Silber, COO of Canonical and head of Online Services for Canonical. “Our rapid release cycle means we can deliver the elements to support this future faster, more fully realised, and more attractively packaged than the traditional OS vendors. Ubuntu 8.10 has many features that sign-post how Linux will provide the drive and innovation in desktop computing.”

Features

3G Support

Untuk mendapatkan konektifitas yang konstan penggunaan public WiFi telah menjadi batasan tersendiri. Ubuntu telah membuat sebuah Improvement baru pada network manager nya, dimana di Ubuntu 8.10 anda akan lebih mudah mendeteksi dan connect ke network 3G anda. Konektifitas ini di dukung dari kemampuan Ubuntu untuk mendeteksi 3G modem yang ada di dalam pc kita, dapat melalui ‘dongle’ ataupun mobile phone dengan Bluetooth.

Install dari USB Drive

Ubuntu biasanya memberikan download berupa image CD ataupun DVD. Namun CD dan DVD saat ini sangat lambat dibandingkan dengan USB stick. Saat ini aplikasi kecil dari Ubuntu akan memberikan kemudahan user untuk menginstall Ubuntu melalui USB drive mereka, walaupun anda memiliki Ubuntu yang telah di modifikasi.

Guest Sessions

Bisa dikatakan dengan feature ‘always on’ yang membuat proses computing akan menjadi lebih mudah user untuk meminjamkan komputer ke teman nya saat mereka saling bertemu di sebuah kafe ataupun pesta sehingga mereka dapat melakukan check email, browsing dan lainya. Guest sessions akan memberikan kemudahan kepada user untuk me lock down session dengan mudah sehingga guest dapat menggunakan full system tampa adanya interferensi dengan program ataupun data anda.

BBC Content

Dimulai dari menggunakan media players di dalam Ubuntu (Totem Movie Player dan Rhythmbox) anda dapat menikmati content dari paara broadcaster yang free to air. Ini merupakan gabungan antara video, radio dan podcast yang tersedia dengan kualitas tinggi, hebatnya lagi, ini dapat dimainkan dengan menggunakan non-proprietary codec.

Gnome 2.24 Desktop Environment*

GNOME desktop environment project akan memberikan release terakhirnya untuk Ubuntu 8.10. Fitur terbarunya termasuk didalamnya adalah instant messaging client, built-in time tracker, improved file management dan toolbar plus support untuk multiple monitor dengan kemampuan untuk meng set screen resolution monitor.

Lebih detail mengenai Ubuntu

About Canonical Ltd

Canonical Ltd, adalah komersial sponsor dari Ubuntu, ia adalah sebuah organisasi global yang bermarkas besar di Eropa yang memiliki komitmen dalam development, distribution dan support untuk open source software product dan komunitasnya. World-class 24×7 commercial support untuk Ubuntu tersedia melalui Canonical global support team dan partnernya. Didirikan pada October 2004, Ubuntu telah menjadi OS Linux distribution terbesar di dunia.

Ubuntu akan selalu free untuk di download, free untuk digunakan dan free untuk di distribute ke yang lainya. Dengan tujuan semacam ini Ubuntu telah menjadi Linux system yang paling banyak dipakai oleh semua orang, untuk lebih detailnya anda dapat melayari www.canonical.com atau www.ubuntu.com.
*Pada original press release disebutkan bawha Ubuntu 8.10 terdapat Ekiga 3.0 video dan audio conferencing tool. Namun ini adalah sebuah aplikasi yang error dan Ubuntu 8.10 tidak jadi memasukanya.

comments powered by Disqus