Ubuntu 11.04 hadir untuk imbangi pengguna Windows dan OSX

May 02, 2011

Reading time ~2 minutes

Ubuntu dengan smart sidebarnyaUbuntu dengan smart sidebarnya

Ubuntu merupakan OS Linux yang popularitasnya sudah sangat terkenal dibandingkan dengan distro Linux lainnya, walaupun demikian, Ubuntu masih berjuang untuk menangkap perhatian publik pengguna pc secara umumnya. Dengan rilis baru-baru ini, Ubuntu masih mencari cara agar dapat lebih menarik, sehingga Joe – dan Natty Narwhal menawarkan banyak fitur yang bisa membuat alternatif menarik untuk Windows dan Mac OS X. Ubuntu 11.04 kali ini membuat gebrakan baru bagaimana caranya agar kita dapat berpindah ke Linux tanpa rasa sakit. Installer Ubunti menyediakan instalasi yang bebas masalah, bersamaan dengan setup yang ada pada Windows Anda, menawarkan untuk mengimpor profil anda, mengkonfigurasi menu boot loader grub2 untuk mengizinkan pengguna untuk memilih sistem operasi. Juga terdapat slideshow yang memperkenalkan fitur utama Ubuntu bersamaan dengan aplikasi seperti Ubuntu One, Firefox, LibreOffice, dan juga Gwibber.

Setelah proses instalasi selesai, Unity interface akan mengatur semua fitur dan teknologi agar mudah dimengerti dan digunakan. Unity interface ini sangat friendly terhadap monitor layar lebar, yang biasanya menawarkan kelebihan pixel horizontal. Beberapa fitur utama dan aplikasi ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau, Unity Dash juga telah link dengan tombol Windows agar lebih memudahkan shortcut, sehingga pengguna dapat melakukan switch dengan respon yang cukup akrab.

Canonical juga memastikan agar semua program utama dan fungsionalitas nya dapat tersedia dan dimanfaatkan oleh pengguna yang benar benar baru dari awal. codec proprietary juga diberikan selama proses setup, sehingga file umum seperti MP3 dapat diputar kembali. Instalasi Skype juga sangat mudah dilakukan menggunakan Ubuntu melalui Software Center, dan sementara untuk pengganti iTunes bagi pengguna Linux iPhone dan iPod touch akan dapat menggunakan Banshee dan Dolphin. Dari segenap fitur yang baru diberikan Ubuntu kali ini paling tidak anda akan mempertimbangkan pindah ke Linux.

Seperti biasa Ubuntu 11.04 dapat anda download secara gratis dan tersedia sekarang di Ubuntu.com. Anda dapat menggunakan CD kosong, atau masukkan stick USB, dan mencobanya di sistem anda. Lalu, setelah beberapa hari, tanyakan pada diri Anda apakah Natty adalah OS Anda bisa menggunakan setiap hari ?

comments powered by Disqus