Trik Unlock Phenom II menjadi 4Core

July 10, 2009

Reading time ~1 minute

Unlock amd PhenomUnlock amd Phenom

AMD Phenom II menjadi produk yang sangat disukai oleh beberapa penggemar perakit pc, mengingat proses manufaktur yang dikeluarkan AMD menggunakan quad-core Phenom II termasuk untuk yang triple dan dual-core processors. Sehingga extra cores yang terdapat pada 2 atau 3 core processor ini sebenarnya masih 4 core namun ini di non aktifkan oleh AMD, [intlink id=”980″ type=”post”]Beberapa motherboard mampu mengaktifkan fitur ini dari 3 core menjadi 4 core melalui BIOS setting[/intlink]. Trik ini tadinya hanya berlaku untuk beberapa motherboard saja namun OCinside.de memiliki trik khusus di motherboard anda lainya yang menggunakan American Megatrend Bios.

Mereka merubah processor Phenom II X3 710 menjadi processor engineering sample, hanya dengan merubah beberapa BIOS setting. Dengan trik ini bukan hanya mampu mengaktifkan 4 core namun malah meng unlocked multiplier, pada saat yang sama mereka mendapat akses untuk pilihan voltage settings yang lebih banyak dari processor Phenom II X3 710.

Mereka menggunakan motherboard bersoket AM3 ASRock A790GXH/128M dan melakukan trik kepada motherboard untuk membuat sang motherboard membaca processor yang terpasang adalah engineering sample dan merubah setting pada ACC dan BSP dalam setttingan BIOS.

Walaupun begitu, dengan melakukan cara yang sama dan beberapa kali reboot tidak selallu memberikan hasil yang sama, anda perlu melakukanya (reboot) berkali kali untuk memastikan BIOS telah mendapatkan unlocked processor.

Jika unlock ini sudah ditemukan dan dikenali oleh Bios, maka AMD Phenom II X3 processor dapat menjadi modifikasi permanent, seolah olah anda telah merubah ke [intlink id=”1074″ type=”post”]AMD Black Edition superfluous[/intlink].

Perlu anda ketahui juga tidak semua Phenom II X3 processor memiliki fungsi core yang sama sehingga hasilnya dapat variatif untuk beberapa processor.Untuk lebih lengkapnya anda dapat menyimak artikel AMD Phenom II CPU multiplier unlock, Vcore unlock and fourth core unlocking dari ocinside.

comments powered by Disqus