Tips membeli komputer bekas

February 01, 2008

Reading time ~3 minutes

Jika anda memiliki kekurangan budget untuk membeli PC mungkin alternatif keduanya adalah anda dapat mencari PC Bekas atau PC Sekken, namun dalam pembelian PC Sekken ini banyak sekali hal hal yang perlu anda perhatikan untuk itu, karena kalau salah salah beli anda akan rugi di waktu depan nantinya, lalu bagaimana caranya agar anda dapat membeli PC bekas dengan aman dan baik, ikuti langkah langkah berikut ini:

Dapatkan produk yang anda ketahui saja.
Jika anda memiliki fans terhadap merk tertentu, periksalah ke website manufacturer’s terlebih dahulu. dan perhatikan data spesifikasi nya khususnya tahun kapan produk tersebut di jual dan bagaimana Garansi dan Pengembalianya.

Untuk PC Rakitan anda diharuskan memastikan dimana ( di toko apa PC tersebut di beli ) dan tahun berapa, dan pastikan tempatnya mudah anda capai jika terjadi seuatu ataupun anda ingin meng upgrade PC anda, anda bisa menghubungi toko tersebut.

Berapa kecepatan yang anda butuhkan?
Biasanya untuk sebuah refurbished system mungkin anda akan mendapatkan processor yang memiliki kecepatan lebih rendah daripada yang versi terbaru atau ter akhirnya. Mungkin anda bisa tentukan range nya, misalkan, 1.6 dan 2.3 GHz apakah sudah mencukupi? Jika anda ingin menjalankan aplikasi bisnis standard business applications, browsing ke Web, dan e-mailing, mungkin anda tidak membutuhkan yang secepat itu.

Carilah system yang menggunakan RAM sedikit.
Lalu, Untuk meningkatkan performa nya, anda bisa menggunakan RAM baru dengan brand terbaik dari favorite supplier anda.

Bagaimana dengan Software ?
Pastikan semua software dan aplikasi yang akan anda gunakan bisa di dukung oleh OS anda dan masih mampu untuk di upgrade di waktu mendatang.

Ingat Monitor nya.
Kebanyakan dalam membeli PC bekas tidak disertai dengan monitor, jadi faktor ini merupakan penambahan untuk pengeluaran tambahan bagi anda untuk membeli monitor jangan lupa untuk mengkalkulasikanya juga. Jika si penjual menyertai monitornya, pastikan itu adalah model terbaru paling tidak keluar awal tahun ini; maka itu akan cocok sekali untuk anda.

Sudah memiliki monitor ?
Maka pastikan kalau video connector memiliki model yang sama dengan PC yang anda beli.

Cari tahu accessories apa saja di dalamnya.
Mungkin juga beberapa tidak terdapat keyboard dan mouse, semakin banyak accessories nya akan menjadi pertimbangan yang baik untuk anda saat membeli pc bekas.

Selalu cek harga yang baru .
Pastikan anda mengetahui harga PC dengan spesifikasi tersebut atau dengan Brand dan tipe tersebut sebelum anda membeli PC Bekas, dengan begini anda bisa mengestimasi harga dari lama waktu pc bekas yang di pakai itu.

Cobalah untuk membeli PC Sekken branded.
Biasanya komponen dari PC branded lebih aman dibandingkan PC Rakitan, dari sisi Casing, Floppy, dan periferal lainya lebih memungkinkan dan lebih baik untuk dipertimbangkan daripada PC Rakitan.

“OPEN BOX” Mungkinkah?
Ketika anda membeli PC rakitan apakah anda diperbolehkan untuk melihat isi dalam Casing CUP nya ? pastikan anda melihat isi di dalamnya untuk memastikan kalau semuanya dalam keadaan baik perhatikan heatsink nya, dudukan prosesor apakah kencang atau tidak, dan VGA nya, perhatikan debu nya (kalau ada bersihkan) perhatikan ukuran power supply nya, dan memory nya, pastikan yang di tawarkan memiliki spesifikasi yang sama dengan yang anda lihat saat itu, dan pastikan yang ter akhir di motherboard nya tidak terdapat cacat seperti bekas solderan, hitam dan sebagainya, untuk menghindari kalau anda telah membeli produk yang baru saja di servis.

Dapatkan Kartu Garansi / Slip Pembelian.
Walaupun anda membeli pc bekas, biasanya si penjual menyimpan struk pembelian, kalau bisa dapatkan struk pembelian ini sebagai garansi untuk ke toko dimana penjual membeli komputer ini sebelumnya.

Periksa periode garansi.
Cari tahu berapa lama periode garansi akan berlaku, jika periode garansi telah habis setidaknya anda mengetahui dimana tempat anda akan menservice pc anda jika ada masalah.

Pertimbangkan garansi dari penjual.
Biasanya masing masing penjual memberi garansi 7 hari, ada yang 3 hari, semakin lama, semakin aman untuk anda dan semakin baik jaminan kualitas barang yang akan anda beli.

Semoga dengan begini anda bisa membeli produk sekken hand (bekas) yang lebih mudah dan lebih berkualitas, selamat berburu..

comments powered by Disqus