Tertangkapnya pencipta Nugache worm

May 03, 2009

Reading time ~2 minutes

Worm, varian baru komputasiWorm, varian baru komputasi

Seorang pemuda yang berumur 20th dan berasal dari Cheyenne, Wyoming, baru baru ini telah didakwa dengan 5 tahun probation karena membuat “the most sophisticated botnet networks of hacked computers” pada tahun belakangan ini.

Jason Milmont dinyatakan bersalah pada tahun kemarin, karena membuat Nugache worm, yang menginfeksi diantara 5,000 dan 15,000 komputer pada tahun 2007. Dia menggunakan worm untuk membuat sebuah botnet pada komputer yang terinfeksi dan mencuri informasi online dan number credit card dari si pemilik komputer tersebut, menurut pernyataanya, dia hanya menggunakan informasi tersebut hanya untuk membeli peralatan dan service.

Milmont saat ini telah menghadapi tuntutan 5 tahun penjara oleh U.S. District Court di Cheyenne. Sebagai tambahan dari probation, dia juga dikenakan denda sebesar US$36,859 sebagai uang restisuti yang akan dibayar per bulan sebesar $250. Hakim William Downes mengatakan “Anak muda itu memiliki bakat yang sangat tinggi dan diharapkan ini akan menjadi pelajaran yang terbaik untuknya” Menurut John Powell, di kantor pengacara Cheyenne. Milmont sebenarnya dikenai tuntutan di California namun kasus tersebut di transfer ke Wyoming, ungkap Powell.

Milmont hanyalah seorang remaja disaat dia menciptakan botnet buatanya. Dia menggunakan teknik cryptographic yang sangat maju dan menciptakan botnet yang mampu berkomunikasi secara peer-to-peer dalam jaringan network, kata Dave Dittrich, seorang researcher dari University of Washington. “Cara dia mengontrol banyak komputer dari jauh sangat berbeda dan membuatnya sulit untuk mencari siapakah yang mengontrol program ini”katanya.

Botnet lainya, termasuk Conficker dan Storm, telah mengadopsi teknik yang sama tambahnya, “disatu sisi, Nugache lebih sukses menggunakan peer-to-peer untuk memberikan command dan mengontrol dibandingkan Conficker.”

Kasus Milmont sama dengan beberapa pencipta botnet remaja lainya seperti, Owen Walker, yang berhasil terjerat dari penjara setelah dinyatakan bersalah karena menjalankan botnet secara massiv. Walker dilaporkan memiliki kontrak kerja dengan perusahaan New Zealand telecommunication, TelstraClear.

Menurut ayag Milmont, Chris Milmont, anaknya sangat mirip dengan Walker, tidak memiliki hubungan sosial dan penderita Asperger syndrome, sejak umur 16 tahun dia begitu banyak menghabiskan waktunya di depan computer. dan Jason Milmont telah kehilangan pendengaran di salah satu telinganya yang dikarenakan kanker otak yang dia idap.

Chris Milmont ditemukan saat sedang melakukan aktifitasnya di depan komputer lalu federal agents mengetuk pintu rumahnya dan segera mencari komputer anaknya. “Salah satu bagian dari karakter nya dia tidak banyak bicara, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik.”

comments powered by Disqus