Terbang ke Mars dalam waktu 39 Hari!

October 19, 2010

Reading time ~1 minute

[Roket Vasimr dari NASA Credit: Ad Astra](Roket Vasimr dari NASA Credit: Ad Astra)Roket Vasimr dari NASA Credit: Ad Astra

Pesawat luar angkasa menjadi sangat lambat kalau kita ingin mencapai tempat yang lebih jauh dari bulan seperti yang pernah manusia capai saat ini. Namun bagi veteran astronot Franklin Chang Diaz, beliau telah menghabiskan waktu selama 4 dekade dalam merancang sebuah mesin yang mampu berjalan dengan kecepatan 123.000mph dengan menggunakan roket yang menggunakan energi alternatif nuklir bersamaan dengan hidrogen cair. Sehingga dengan demikian roket tersebut dapat menempuh mars hanya dalam waktu 39 hari.

Hal ini dipercaya oleh Diaz bahwa ini adalah kunci sukses jika kita ingin menuju mars dalam hidup hidup dengan mudah. Semenjak dia menjadi doktor dari MIT menggunakan rocket fuel untuk menuju luar angkasa adalah suatu hal yang sangat berat dan tidak efisien. Dengan demikian dia mulai memikirkan bagaimana caranya membuat pesawat luar angkasa dengan menggunakan reaktor nuklir untuk menghasilkan plasma yang dapat memberi energi panas hingga 2juta derajat celcius. Lalu untuk mengendalikan dan mengeluarkan energi panas tersebut diperlukan medan magnet khusus dengan demikian pesawat tersebut dapat di dorong dengan kecepatan hingga 123.000mph. Dr Chang ini telah menghabiskan seumur hidupnya untuk meneliti roket ini saat itu pada tahun 1980 beliau mencoba menjelaskan mengenai teknologi plasma ini kepada rekan kerjanya, hingga akhirnya NASA tertarik untuk mengembangkan teorinya lebih lanjut.

Kemudian dalam waktu 4 tahun Dr. Chang telah mengembangkan sebuah roket plasma kecil sebagai bahan percobaan yang disebut sebut dengan Vasimr yang berarti, Variable Specific Impulse Magnetoplasma Rocket. Penelitian ini terus berlanjut hingga Presiden AS Barrack Obama memberikan berbagai macam jenis program angkasa luar untuk Dr. Chang khususnya dalam membuat kendaraan luar angkasa, sehingga mereka yakin, pada tahun 2030 nanti akan ada manusia yang mampu terbang ulang alik hingga ke planet Mars dalam keadaan selamat.

http://www.youtube.com/watch?v=fvuNUNqW6Sc

comments powered by Disqus