Teknologi baru Microsoft Windows 7

November 12, 2008

Reading time ~3 minutes

Saat ini Microsoft mulai melakukan demonstrasi dan banyak memberikan informasi tentang fitur dari Windows 7, informasi ini didapatkan dari Platform Developers Conference beberapa minggu yang lalu, dan banyak informasi baru yang didapat dari event WinHEC ini.

Perlu diketahui di dalam Windows 7 akan mengalami perubahan sistem graphic nya, dengan mengadakan proses development yang revolusioner WDDM display driver akan di update dari versi 1.0 menjadi 1.1, dan DirectX 11 akan memulai debutnya di Windows 7 walaupun ini sudah ada di Vista.

DWM atau WDDM 1.1 ?

Saat anda menggunakan Windows Vista, didalamnya sudah terintegrasi driver model terbaru, dengan sebutan Windows Display Driver Model. yang ini adalah versi 1.0. dan ini dibutuhkan untuk Desktop Window Manager (DWM) untuk merender desktop yang masih menggunakan DirectX 9, Teknologi inilah yang memberikan anda Aero Glass user interface dan Flip3D. WDDM inilah yang di upgrade menjadi WDDM 1.1, yang nantinya akan menjadi salah satu fitur baru di DWM dalam Windows 7 nantinya.

Windows 7 masih kompatibel dengan driver WDDM 1.0, sementara XP driver yang sudah tidak lagi menggunakan driver WDDM 1.0 maka dari itu anda tidak akan mendapatkan DWM improvement sebagaimana di XP driver anda tidak menemukan Aero Glass atau fitur sejenisnya dari Vista.

Bagaimana dengan WDDM 1.1? Sebagai langkah awal DWM masih menggunakan DirectX 10 dan menawarkan performance yang baik pada aksesoris aksesoris nya. DWM kali ini akan menggunakan memory yang konsisten dengan system memory bagaimanapun banyaknya windows terbuka. graphics card memory anda penggunaanya akan meningkat dalam hal ini jika anda membuka lebih banyak windows, namun jumlah memory nya akan menjadi 1/2 lebih kecil daripada Vista.

Hasilnya ? Windows 7 akan menggunakan memory yang lebih sedikit namun bergantung dari jumlah windows on yang anda buka di desktop. dan seharusnya ini akan lebih cepat dan lebih efisien dalam merender desktop.

Windows 7 akan memperkenalkan teknologi Direct2D, sebuah fungsi akselerasi dari 2D replacement untuk GDI khususnya pemrosesan 2D graphic, garis, dan lainya. Teknologi ini berjalan diatas Direct3D 10 dan membutuhkan driver WDDM 1.1. dari sini seharusnya windows performance akan lebih cepat dalam penggunaan aplikasi standar, bukan hanya 3D apps.

DirectX 11

Didalam Windows 7 nantinya akan menggunakan DirectX 11 yang lebih baik khususnya untuk Direct3D 11. Dimana Microsoft melakukan update pada extension Direct3D 10.1—sementara semua fitur dari DX10.1 masih tetap sama. Walaupun DX11 akan diperkenalkan pada Windows 7, namun ini juga tersedia untuk Windows Vista. Beberapa fitur DX11 juga dapat bekerja pada hardware DX 10 dengan updated driver dari vendor anda.

Heterogeneous Graphics and More

Windows 7 dan DirectX 11 akan mengalami sedikit tweak pada graphic landscape, Walaupun tidak akan memberikan efek yang signifikan namun kali ini Windows 7 akan mensuuport heterogeneous multi-adaptor. Didalam Windows XP, anda dapat menggunakan 2 jenis graphic adaptor dengan 2 driver stack yang berbeda berjalan secara bersama, dan mereka akan berjalan dengan masing masing monitornya dan bahkan anda dapat meng extend desktop anda dengan cara ini.

Fitur ini telah hilang di Vista, namun daam Win7 dan WDDM 1.1 kemampuan driver ini akan kembali. Perlu anda ketahui cara ini bukan berarti anda dapat menggunakan GPU yang berbeda misalnya dengan SLI atau Crossfire untuk merender graphic namu ini hanyalah untuk solusi multi-monitor.

DX11 juga di usung degnan texture compression format baru, yang disebut dengan BC6 dan BC7. BC6 menawarkan 6:1 lossy (namun high quality) kompresi untuk high dynamic range texture, Sedangkan BC7 menawarkan improvisasi qualitas dari RGB + alpha texture khususnya dalam compression ratio. BC7 hanya akan memberikan anda 3:1 untuk RGB, atau 4:1 untuk tekstur RGBA. Compression format terbaru ini membutuhkan DX11 hardware, namun akan tersedia untuk Vista dan Windows 7.

Dengan begitu Windows 7 akan mensupport banyak codec support, termasuk MPEG, DivX, Xvid, MPEG-4 (termasuk AVC atau H.264), AAC, WMV dan WMA.

comments powered by Disqus