Teknologi 6/4 Core Intel Westmere

February 11, 2010

Reading time ~3 minutes

Jika kita mengetahui, Intel memiliki strategi pengeluaran teknologi prosesornya dengan sebutan tick tock, dimana saat tick adalah generasi prosesor yang lebih baru dari sisi arsitekturnya kemudian prosesor ini di kembangkan dan disempurnakan lebih baik lagi sehingga pada saat tersebut intel menyebutnya dengan fase tock.

Westmere pada fase tickWestmere pada fase tick

Satu hal yang menarik dari Westmere adalah westmere berada pada fase tick, yang artinya prosesor ini memiliki teknologi yang baru dimana saat itu prosesor Intel Westmere ini nantinya akan menggunakan fabrikasi 32nm yang lebih kecil tentunya dan dikembangkan dari prosesor Nehalem pada fase tock. Selain penyempurnaan dari arsitektur Nehalem prosesor ini dilengkapi juga dengan instruksi AES.

Perubahan pada Westmere

Pada masa teknologi prosesor Nehalem, Intel sudah mengaplikasikan teknik memberi gate arus listrik chip core. lalu arus listrik yang mengalir pada gate transistor akan selalu berada ditempat yang paling awal untuk mensupply listrik ke masing masing core dengan demikian prosesor ini dapat memutuskan hubungan listrik tersebut pada core yang tidak dipakai termasuk jika terjadinya kebocoran arus listrik. Sehingga teknologi ini menyebabkan meningkatnya efisiensi penggunaan arus listrik, seperti yang tampak pada tabel prosesor Nehalem saat idle.

Penggunaan arus yang lebih kecilPenggunaan arus yang lebih kecil

Saat salah satu core akan dalam fase non aktif, maka instruksi terakhir yang tersimpan didalam core tersebut akan di simpan, sehingga ketika core tersebut kembali aktif prosesor sudah mengetahui langkah instruksi selanjutnya. Hal ini nampak sangat sederhana, namun proses non aktif nya sebuah core dapat terjadi puluhan kali dalam setiap detiknya dan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan daya listrik pada prosesor.

Pada arsitektur Nehalem saat terakhir core merekam instruksi terakhir yang tersimpan di dalam register, ini tersimpan didalam cache level terakhir yaitu – L3. Ini berarti L3 cache tidak dapat untuk tidak dialiri arus listrik saat salah satu core idle, karena L3 digunakan untuk menyimpan posisi terakhir sang instruksi sang prosesor saat dia non aktif untuk melanjutkan instruksi berikutnya. Ini berkesimpulan kalau teknologi yang ada pada Cache L3 Nehalem tidak mendukung power-gate.

Sedangkan pada teknologi Westmere, Intel telah menambahkan sebuah dedicated SRAM untuk menyimpan posisi terakhir instruksi core data. Masing masing informasi instruksi yang ada pada core disimpan pada tempat yang sudah di dedikasikan yaitu SRAM lalu core tersebut dapat berpindah status menjadi non aktif. Sehingga dengan demikian dengan dibuangnya fungsi penyimpanan data informasi instruksi pada L3 cache, Westmere dapat memanfaatkan L3 untuk perhitungan logical secara sepenihnya dan dapat menggunakan power gates pada L3.

Skema Die WestmereSkema Die Westmere

Dengan menggunakan SRAM yang di dedikasikan untuk menyimpan instruksi ini nampaknya akan memiliki fitur yang sangat baik untuk para pengguna Westmere-mobile di masa mendatang, dan kabarnya juga fitur ini mungkin tidak akan hadir pada desktop chip. Namun tidak dapat dipungkiri, jika Westmere tidak dapat mengendalikan L3 cache maka berkemungkinan besar Westmere akan memakan daya yang sangat besar.

Teknologi dan Spesifikasi Westmere

Untuk spesifikasi high end desktop/workstation/server dengan menggunakan processor Westmere yang berteknologi 6-core, prosesor yang berukuran 240mm^2 ini akan menampung 1.17 milyar transistor. Dengan 6 inti prosesor (core) dalam 1 chip yang dilengkapi dengan cache L3 sebesar 12MB (Nehalem/Lynnfield hanya memiliki 8MB dan Clarkdale 4MB) Westmere akan menjadi prosesor yang tangguh dan mobile friendly untuk kalangan para enthusiast pc.
Chip prosesor ini nantinya dapat bekerja pada soket LGA-1366 dengan triple channel DDR3. Prosesore Westmere 6C akan mendukung regular DDR3 (1.5V) dan juga low voltage DDR3 (1.35V). Hal ini sangat bermanfaat untuk para server yang memiliki banyak jumlah memory slot dan menurunkan konsumsi daya.

6Core proses6Core proses

Untuk Westmere varian 4-core Intel belum memberikan komentar terbarunya mengenai keberadaan chip ini untuk mengisi pangsa pasar quad-core Westmere.

(Info dan gambar: Anandtech)

comments powered by Disqus