Teknik Pendingin Modem 3G

July 14, 2009

Reading time ~1 minute

Pendingin sederhana yang sangat bermanfaatPendingin sederhana yang sangat bermanfaat

Di Indonesia penggunaan internet dengan melalui 3G sangat marak dan berkembang sangat pesat, dibandingkan dengan negara tetangga lainya, kenapa ? karena harga 3G di Indonesia masih sangat murah dibandingkan dengan yang lain, dan itu membuat orang orang ramai menggunakan 3G.  Akibatnya, banyak produk modem modem 3G yang bertebaran di Internet.

Permasalahan dari modem modem 3G usb yang keluar dari Internet, kebanyakan keluaran Huawei dan kemampuan minor yang ada pada produk modem modem yang menggunakan konektifitas ini adalah performanya sangat rentan dengan panas, akibatnya jika modem nya panas, maka performa penggunaan internet pun mulai melambat dan tidak nyaman untuk digunakan, membiarkan dia hingga dingin memerlukan waktu yang tidak lama.

Teknik mendinginkan modem 3G menggunakan heatsink bekas CPU di lakukan oleh David. David adalah salah satu aktifis Yogyafree Surabaya. Foto modem 3G David di ambil oleh Onno W. Purbo pada event Yogyafree tanggal 11 Juli 2009 di Surabaya.David menggunakan heatsink biasa yang membalut 2 sisi modem dan membuat modem dalam keadaan dingin, dari gambar nampak dengan sederhana di ikat dengan tali rafia, namun katanya hal ini cukup efektif untuk menjaga modem agar tetap dingin dan bisa online 24 jam nonstop.

Jika ingin mencobanya, simak langsung di Speedy Wikipedia pak Onno W.Purbo.

comments powered by Disqus