Sun Mengeluarkan Storage System

November 12, 2008

Reading time ~1 minute

Sun Microsystem yang selalu mengalami masalah terhadap kompabilitas storage systemnya menuntuk akan sebuah inovasi untuk ini, dan akhirnya kali ini Sun mengeluarkan solusi storage dengan kemampuan advanced management software dan SSD (solid-state drive).

Sun Storage 7000 dibagi menjadi 3 system, dengan kapasitas dari 2T bytes sampai 576T bytes, akan membawa teknologi Sun kedalam storage business yang telah di bangun dari perusahaan yang pernah di akuisisi oleh Sun StorageTek bersama dengan perusahaan lainya. Solusi ini akan berjalan dengan Sun Open Solaris dan ZFS (Zettabyte File System) dengan standard x86 computing hardware didalamnya terdapat monitoring dan management software yang juga dikembangkan oleh Sun FISHworks (Fully Integrated Software and Hardware) group. Sun mengklaim solusinya akan memberikan performance yang lebih tinggi, biaya yang lebih rendah dan waktu instalasi yang lebih cepat dibandingkan sistem lainya.

Sun storage business merupakan salah satu yang mengalami pertumbuhan yang paling cepat dibayang bayangin oleh kompetitornya seperti EMC dan Hewlett-Packard. Sun masih menjadi yang paling cepat untuk pertumbuhan akan permintaan kapasitas storage.

Untuk high performance pada cost yang rendah, Sun memanfaatkan teknologi SSD untuk caching data yang digunakan untuk menulis atau membaca system dari disk array. Teknologi ini disebut degnan “hybrid storage pool” dimana sebuah sistem digabungkan dengan solid-state dan disk-based capacity untuk menyeimbangkan cost dan performance.

Untuk writing SSD akan menggantikan fungsi NVRAM (non-volatile random access memory), dimana ini lebih cepat dan lebih mahal daripada SSD. untuk reading disk, Saat data di keluarkan dari disk untuk dikirimkan kedalam network, SSD akan bekerjasama dengan DRAM (dynamic RAM), kata Lovell. Sedangakn konfigurasi untuk RAM dan SSD dapat diatur sedemikian rupa hingga ukuran yang besar sekalipun. Sebagai contoh untuk writing Sun Storage 7000 dapat menampung 16 SSD, masing masing berkapasitas 18G bytes.

Satu satunya kelemahan dari 7000 series ini adalah systemnya tidak dapat di cluster.

comments powered by Disqus