Standarisasi micro-USB phone charger

July 06, 2009

Reading time ~1 minute

All in one chargerAll in one charger

Seperti yang kita ketahui, permasalahan utama memiliki handphone adalah charger nya, bagaimana tidak, setiap handphone yang kita memiliki, pasinya memiliki berbagai jenis macam charger yang berbeda beda, apakah itu Nokia, SE, Motorolla, dan lainya, para vendor vendor indurstri handphone nampaknya sangat senang jika kita memiliki banyak peralatan charger, bagaimana kalau kita memiliki lebih dari 3 handphone ? maka kita akan memiliki charger yang berlainan untuk masing masing handphone dan ini tentu saja tidak efektif.

Akhirnya, baru baru ini Nokia, Apple dan RIM, dan vendor besar lainya bekerja sama, kalau mereka akan mulai menstandarisasi charger phone dengan menggunakan Micro-USB, wah, kenapa tidak dari dulu ya ? ini adalah akibat meningkatnya pengguna handphone di dunia yang menggunakan berbagai macam jenis charger dan mulai menjadi masalah ketika charger yang mereka gunakan tidak dapat digunakan lagi karena mereka sudah memakai handphone lain.

Bayangkan saja, saat ini setidaknya sudah mencapai 30 jenis tipe charger yang berbeda beda yang digunakan oleh masyrakat, apakah ini layak ? atau apakah kita di perbodoh dengan teknologi ? atau kita menjadi korban konsumen ?  namun akhirnya berita baik ini sudah datang dari negara negara Eropa, kalau mereka akan menstandarisasikan semua ini, dan menyetujui kalau mereka akan membuat charger dengan menggunakan konektor micro-USB socket. Sudah termasuk dalam Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Apple, LG, NEC, Qualcomm, Research in Motion, Samsung dan Texas Instrument akan membuat compatible device yang sama dimulai tahun depan di Eropa.

Kenapa micro-USB yang digunakan ? ternyata untuk menentukan charger standard ini harus melalui aproval dari CTIA, OMTP, dan GSM Association yang tentu saja mereka telah menyetujui ini semua.

[sumber: Yahoo]

comments powered by Disqus