SSD tercepat dari Intel X-25E Extreme

October 20, 2008

Reading time ~1 minute

Intel saat ini mulai mendistribusikan solid-state flash drives terbaru mereka yang di designed untuk kelas servers, workstations dan storage devices. Intel mengumumkanya hari rabu minggu yang lalu kepada Sun, yang akan memulai menggunakan Intel flash technology. Pada awal tahun ini Intel juga mengumumkan kolaborasinya dengan Micron Technology untuk mendevelop NAND flash memory yang memiliki kecepatan 5x lebih cepat daripada NAND konvensional. Minggu ini, Intel mengatakan kalau mereka siap mengirimkan SSD tercepatnya itu, dengan nama X-25E Extreme Serial Advanced Technology Attachment Solid-State Drive, hal ini akan berpotensi kalau banyak vendor nantinya akan banyak menggunakan flash technology. Tentu saja Flash akan lebih mahal dibandignkan dengan expensive magnetik disk drives, namun semua itu sesuai dengan kemampuanya yang lebih cepat dan lebih efisien.

Sun juga telah mengatakan said ini akan membuat opsi baru untuk pemilihan jenis storage yang di inginkan di akhir tahun nanti. Saat ini Sun mengatakan mereka akan mendisrtibusikan storage products ini dengan menggunakan Intel’s solid-state drives, yang di desain bagi pengguna yang membutuhkan high rate dari input/output operations per second (IOPS). (Perbandingan produk storage storage products.)

Intel juga mengatakan flash drives ini lebih cepat 100 kali lipat daripada hard-disk standar saat ini, menawarnkan performance sampai 35,000 IOPS. “Solid-state drive technology akan mengubah perekonomian enterprise centers,” kata John Fowler, Sun’s server and storage chief, saat di press release.

Intel’s new flash drive hadir dengan kapasitas 32GB capacity, dengan harga sekitar $695 untuk pembelian diatas 1,000. Untuk yang 64GB drive diperkirakan akan hadir pada awal tahun 2009. Intel Sebelumnya juga mengumumkan 80GB dan 160GB flash drives untuk laptop dan desktop computer.

comments powered by Disqus