Sony open source kan digital effect software

August 11, 2009

Reading time ~1 minute

Langkah baru SonyLangkah baru Sony

Raja Film effect specialist Sony Pictures Imageworks baru baru ini merilis setidaknya 5 digital image-manipulation software tools dengan lisensi open source. Imageworks juga telah merilis open source software di masa lalunya namun dengan dirilisnya 5 tool dalam 1 waktu nampaknya Sony ingin terlibat lebih dalam dengan dunia open source kedalam tahap yang lebih mendalam. Imageworks adalah sebuah unit divisi dari Sony Pictures Digital Productions yang secara khusus menghandle masalah visual effect dan digital character animation, dengan beberapa project seperti Spider-Man 2 dan I Am Legend.

Semua dari kelimat tools ini di lisensikan menggunakan BSD license, dan disimpan didalam Google Code.

“Keinginan mengembangkan software ini ke dunia open source karena ingin membuat komunitas yang lebih besar untuk mengadopsi teknologi baru dan menyempurnakan program ini” ungkap Imageworks.

Lima program ini terdiri dari OSL, sebuah programmable shading language yang digunakan untuk rendering; Field3d, sebuah voxel data storage library; Maya Reticule, sebuah kamera masking plug-in untuk Maya digital animation application; Scala Migrations, sebuah database migration tool; dan Pystring, yang memungkinkan Python-like string menghandle C++.Voxel, atau volumetric pixel, adalah elemen dasar untuk membuat three-dimensional model.

comments powered by Disqus