Sistem pengunci pintu wireless

January 24, 2010

Reading time ~1 minute

Buka pintu rumah dengan jam secara wirelessBuka pintu rumah dengan jam secara wireless

Perkembangan chips dan mikrokontroler semakin pesat kali ini telah di releaseĀ  TI Chronos development kit yang merupakan sebuah chip mikrokontroler baru dengan chip eZ430-Chronos yang sudah terintegrasi didalamnya, Selain itu untuk melengkapi projeck ini, Chips ini juga akan menggunakan wireless development system CC430 yang berbentuk jam tangan sport. yang akan digunakan sebagai personal display ataupun juga sebagai personal area networks, yang berfungsi sebagai wireless sensor node untuk melakukan remote data collection. Salah satu pemanfaatan dari kedua chips dan alat ini adalah dengan membuat sebuah sistem pengunci pintu wireless.

Alat yang dibuat dari eZ430-Chronos wireless development kit dikembangkan oleh Texas Instrument. Alat ini memungkinkan kita untuk mem program jam tersebut dengan sangat cepat dan mudah, juga dilengkapi dengan mode debug dan memprogram nya dilakukan lewat USB dongle. Sedangkan untuk pintunya dibuat secara khusus dan dimodifikasi dari pintu yang ada, Selain itu chip CC1111EMK868-915 Evaluation Module Kit juga digunakan dalam modul pintu yang sudah menggunakan CC1111F32 wireless System-on-a-Chip.

Mengenai Demonya anda dapat menyaksikan video youtube dibawah ini:

Sedangakan sistem project perangkaian alat ini dan full skema nya dapat anda temukan di weblog Ziyan dan untuk mengetahui datasheet mengenai chips dari Texas Instruments ini mungkin anda dapat kunjungi web datasheet eZ430-Chronos Wireless Watch Development Tool.

comments powered by Disqus