Single Laser Dengan Kemampuan Transfer 26Tbps

June 03, 2011

Reading time ~1 minute

Sinyal laser yang dipecah menjadi beberapa warnaSinyal laser yang dipecah menjadi beberapa warna

Peneliti dari Jerman, Karlsruhe Institute of Technology baru baru ini memecahkan rekor dalam kecepatan transfer data dimana mereka berhasil mengirimkan data sebesar 700 DVD dengan jarak sepanjang 31 mil (50KM) dalam waktu 1 detik, dengan hanya menggunakan 1 buah sinar laser. Dengan kalkulasi semacam itu, maka kecepatan yang mampu dilakukan oleh laser ini ditempuh dengan kecepatan 26Tbps. Sebelumnya peneliti dari Jepang pernah mencapai 109Tbps namun mereka menggunakan beberapa sinya laser.

Untuk memecahkan rekor baru ini, para peneliti jerman menggunakan metode pendekatan “fast Fourier transform” dan juga orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM). Hingga dengan pendekatan ini sinyal laser ini mampu menghasilkan 325 jenis warna cahaya laser dan meng encod sinyal tersebut menjadi data stream. Professor Juerg Leuthold berkata:

“Dengan kemampuan transfer data hingga 26 terabits per second, maka di masa depan nanti kita dapat mentransmit 400 juta sambungan telefon perdetiknya.”

Masalah yang ada saat ini, mereka hanya dapat menggunakan 1 sinar laser saja, sedangkan secara teoritisnya, mereka mampu menggabungkan hingga 370 sinar laser, yang tentu saja ini akan memakan biaya yang sangat mahal dan mengkonsumsi Kilowatt energi yang sangat besar. Pada tahun yang lalu tim dari Professor Freude mendemontrasikan transmit data pada kecepatan 10 terabits per second.

comments powered by Disqus