Selamatkan Bookmark anda dengan Delicous

June 22, 2009

Reading time ~2 minutes


DelIcio USDelIcio US

Save your own or see what’s fresh now! – delicious sosial bookmarking.

*Kata-kata itu lah yang tertera pada web “delicious”*, web yang mengkhususkan diri dalam hal bookmark mem-bookmark.

Saya pribadi saat pertama mengenenalnya merasa web ini tidak terlalu berguna dan tidak ada yang spesial, karena semua yang saya bookmark sudah ada di PC rumah -yah PC rumah dan saya rasa sudah cukup aman duduk diam di sana. Namun apa yang terjadi bila kita sedang tidak di depan PC rumah namun bookmark yang kita semalam adalah hal menarik yang bisa share pada khalayak ramai hehehe.

Lalu apa yang terjadi jika anda menggunakan lebih dari satu browser?, saya pribadi menggunakan 3 browser dan masing-masing browser memiliki bookmark sendiri-sendiri, akan menjadi hal yang menjengkelkan saat harus berpindah browser hanya untuk melihat bookmark, padahal kita sedang terburu-buru.. graaaaa… ><

Kejadian yang tak kalah menjengkelkan adalah saat semua bookmark – bookmark hilang saat pc di format, hal ini sering terlupa karena bookmark adalah hal kecil namun saat bookmark hilang kita akan merasa seperti kebakaran jenggot dan berteriak cukup histeris karenanya.

Nah di sinilah gunanya delicious, hal – hal di atas bisa dihindarkan dan tidak perlu terulang lagi. Setiap pindah dari satu pc ke pc lain, cukup login ke webnya saja dan anda sudah bisa mendapatkan bookmark-bookmark anda.

Fasilitas diweb delicious ini cukup ampuh, anda bisa meng-import bookmark-bookmark yang ada di PC. Begitu pula bila anda berpindah PC atau sehabis mem-formatnya, dengan mudah anda dapat meng-eksport semua yang ada di delicious langsung ke PC anda. Delicious pun menyediakan fasilitas tag, maka akan dengan mudah anda mencari bookmark sesuai kebutuhan.

Lalu kenapa di sebut delicious sosial bookmarking?, ini karena delicious juga mempunyai fasilitas Share , gunanya adalah bookmark yang sudah kita kelompokan dalam tag bisa dilihat oleh orang lain dan begitu juga sebaliknya, tinggal masuk ke bagian Set Network Privacy dan setting privacynya. Delicious juga dilengkapi fasilitas menambah teman dengan begitu kita bisa menambah jaringan sosial kita dengan berteman dengan orang yang memiliki bookmark se-tipe.(spd)

comments powered by Disqus