SAP Integrasikan StreamWorks dalam Portofolio

May 10, 2011

Reading time ~2 minutes

SAP BO 4.0 dan StreamWork

SAP kali ini akan berencana memberikan tools StreamWork nya untuk di integrasikan di kelas enterprise, Software problem-solving ini memang telah menjadi role yang utama dalam customer IT environment, khususnya dengan kemampuanya untuk melinking aplikasi ini kedalam ERP (enterprise resource planning) milik SAP. Beberapap proses integrasi saat ini telah selesai, termasuk didalamnya link untuk SAP PLM (product lifecycle management) dan juga CRM (customer relationship management). Kedepanya SAP akan meng koneksikan StreamWork dengan produk SAP BI (business intelligence) software di waktu mendatang.

StreamWork for customer ini sudah dapat dibeli ataupun dapat menjadi “pre-packaged solution dari SAP (ataupun consultant) dengan menggunakan pendekatan khusus pada perusahaan consulting SAP. StreamWork ini telah dirilis di tahun yang lalu, disebut sebut dengan “virtual war room” dimana para user dapat melakukan log in dan mencari jawaban dari berbagai masalah yang ada pada proses bisnis ataupun pada project yang sedang berjalan.

Software ini akan berjsalan sebagai SaaS (software as a service) dimana didalamnya terdapat widgets yang disebut dengan “methods,” dimana didalamnya sudah terintegrasi beberapa key point seperti, SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) matrix ataupun juga tabel pro-versus-con, yang dapat digunakan untuk mencari jawaban terbaik. Didalam software ini juga sudah terintegrasi data sharing untuk dokumen, yang terhubung langsung ke aplikasi lain termasuk Google Docs dan juga Scribd.

Streamwork pada dasarnya tidak bertujuan untuk menggantikan produk yang sudah mapan seperti Microsoft SharePoint, StreamWork hanya akan menjadi collaboration tools untuk aplikasi aplikasi SAP saja ungkap Jack Miller, global vice president, global collaboration dan juga cloud analytic.

Untuk versi basic StreamWork tersedia secara gratis untuk customer SAP. Sedangkan untuk yang versi bayar, akan tersedia dengan harga mulai $9 per user per bulan. Sedangkan untuk versi Enterprise termasuk setting konfigurasi behind-the-firewall component dan memiliki fitur seperti Active Directory dan juga single-sign on.

StreamWorks yakin akan banyak perusahaan yang menggunakan tools ini, karena dari tahun kemarin saja, mereka sudah mengalami kenaikan hingga 100% untuk pertumbuhan perusahaanya. Keputusan SAP untuk mengintegrasikan aplikasi ini StreamWork kedalam software bisnisnya merupakan langkah yang tepat. Karena kemampuanya yang mampu mengambil data langsung dari back-end system maka akan memberikan konektifitas yang akan saling terintegrasi dalam hal konteks enterprise ungkap said Jon Reed, seorang analyst independen yang terus memonitor SAP.

Reed adalah seorang user StreamWork untuk project dan dia mengikutin program SAP “Mentors,” untuk melakukan pengembangan dan penggunaan software ini dalam komunitas StreamWorks. Ia mengatakan “Saya dapat melihat nilai dari software ini, karena sangat berguna untuk melihat perkembangan project team dan mengetahui apa langkah mereka selanjutnya ungkap” Reed.

Dilansir dari Chris Kanaracus covers enterprise software and general technology breaking news for The IDG News Service.

comments powered by Disqus