SAP di tahun 2013

January 02, 2013

Reading time ~2 minutes

Tahun 2013 siap menanti di hadapan setidaknya ada beberapa intip yang bisa kita lihat di tahun depan khususnya untuk software ERP SAP. SAP adalah pemain terbesar software ERP terbesar di dunia selayaknya Microsoft, SAP dapat dikatakan telah banyak digunakan dan diimplementasikan oleh berbagai perusahan skala besar khususnya perusahaan multinasional. Pada tahun ini SAP memang sudah menggila mengedepankan konsep In Memory computing bersama produk terbarunya SAP HANA in memory database dan juga menggilanya SAP karena secara agresif mulai mengadopsi cloud computing untuk solusi ERP nya.

Deman HANA masih berlanjut. Memang hampir sedikit produk SAP yang sudah meraup lebih dari sukses dibanding SAP HANA. Semenjak produk ini dirilis pada sekitar Juni  2011, SAP berencana untuk menggantikan HANA sebagai pusat alih teknologinya, yang akan menjadi perencanaan jangka panjang untuk pengembangan teknologi SAP dimasa depan dalam term messaging dan juga technical development  untuk membuat development platform tercepat dan mampu menggantikan Oracle database sebagai rivalnya.

Jadi SAP HANA akan terus berlanjut ditahun 2013 namun untuk meningkatkan penjualan ini SAP perlu melakukan beberapa langkah, misalnya mamperbanyak case studies untuk beberapa high-profile customer yang khususnya sudah memiliki proses workload yang sangat kritis terhadap aplikasi SAP. Dengan kepercayaan diri yang tinggi SAP akan mensertifikasi HANA sebagai core ERP (enterprise resource planning) module yang akan digunakan pada masa mendatang.

SAP berkemungkinana akan mempubliksai HANA road map secara detail pada tahun 2013 Januari nanti.

SAP juga sangat aktif mengkampanyekan inisiatifnya atas infrastruktur cloud,  khususnya dalam bentuk PaaS (platform as a service) yang berbasis dengan HANA dan juga penawaran integrasi cloud-based data. Keduanya berkemungkinan besar akan diumumkan di even even besar SAP seperti Sapphire conference yang akan diselenggarakan pada bulan May ini.

Sapphire juga berkemungkinan akan menampilkan berbagai macam aplikasi cloud dari SAP yang terfokus pada spesifik kasus bisnis seperti FinancialsOnDemand misalnya. Selain Sybase, SAP juga sangat aktif mengakuisisi berbagai macam perusahaan cloud seperti SuccessFactors dan Ariba yang menghabiskan dana investasi hingga 8Milyar AS Dollar.

Untuk urusan Social Media Analytic, SAP juga mengakuisisi NetBase yang berfokus pada social media monitoring, NetBase cloud-based system memiliki hampir 30TB database informasi social yang selalu dalam keadaan fresh dengan total 90 juta  post per hari nya sehingga diyakini siapapun yang dapat terhubung dengan sistem ini maka mereka dapat melihat trend data social media secara detail.

comments powered by Disqus