Samsung SSD Siap produksi massal

August 28, 2008

Reading time ~1 minute

Akhirnya Samsungs akan melakukan produksi massal untuk teknologi SSD yang akan digunakan untuk storage laptop, penggunaan SSD semakin lama semakin populer di kalangan PC maker khusus nya untuk low-cost PCs dilihat dari semakin banyaknya small-capacity solid-state drives (SSD), Samsung Electronics Co. kali ini mengeluarkan 3 jenis SSD nya untuk laptop.

SSDs dibuat dari salah satu jenis NAND flash memory chips digunakan untuk store software, songs, pictures, documents dan data lainya di dalam computer. Alat ini memiliki keunggulan yang lebih di bandingkan harddisk konvensional biasa (HDD), khususnya pada waktu kecepatan akses nya, ukuran dan tingkat kebisingan yang rendah tidak lupa juga menggunakan tenaga listrik yang lebih kecil.

Permintaah akan pertumbuhan SSDs akan berkembang menjadi 57% pertahun sampai tahun 2011, karena akan adanya peningkatan permintaan low-cost PCs, ungkap Samsung.

SAMSUNG SSD untuk LaptopSAMSUNG SSD untuk Laptop

Samsung juga mengatakan mereka akan memulai produksi massalnya dengan mengeluarkan 3 jenis low-capacity drives — 8GB, 16GB dan 32GB SSD — bulan depan. Drive ini memiliki ukuran 30% lebih kecil daripada HDD 2.5″. HDDs ini biasanya akan digunakan pada low-cost PCs dan netbooks, atapun minilaptops.

SSDs terbaru ini juga akan tampil dengan kecepatan yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya karena SSD ini telah terintegrasi dengan teknologi controller high-performance SATA II (Serial Advanced Technology Attachment).

Teknologi terakhir dari Samsung’s SSDs dapat membaca data sebesar 90MB/sec., sedangakn untuk penulisan datanya memiliki kecepatan rata-rata 70MB/sec. Untuk model 32GB memiliki kecepatan 45MB/sec. untuk16GB SSD memiliki kecepatan 25MB/sec. Namun secara umum SSD tersebut mampu membaca dengan kecepatan 57MB/sec dan menulis dengan kecepatan 32MB/sec.

Samsung adalah salah satu chip maker terbesar di dunia. low-cost PC yang paling populer di market saat ini yang menggunakan SSDs minilaptops adalah asus Eee PC sebuah perusahaan yang bermarkas di Taipei Asustek Computer Inc.

comments powered by Disqus