Samsung 2,5″ 500GB hadir dipasaran

March 05, 2008

Reading time ~2 minutes

Samsung Electronics akan menjadi produsen pertama yang akan mendistribusikan 500GB 2.5-inch drive. Samsung telah mengumumkan kalau mereka telah mendistribusikan harddisknya secara OEMs ke berbagai PC makers saat ini.

500GB ini tentu saja akan menjadi lompatan tertinggi dari yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh WD dan Seagate yang bertahan di 320GB-400GB untuk notebook dan telah mensupport juga teknologi dual-hard drive configuration, berarti 500GB drive akan bisa dipasangkan menjadi double total 1TB storage yang akan ada di laptop computer anda.

Kompetisi market

Tadinya Hitachi yang pertama kali mengumumkan teknologi terbarunya ini yaitu sebuah disk 500GB 2.5-inch, yang dilakukan pada awal 2008 pada International Consumer Electronics Show. lalu Samsung yang menjadi ke 2 dalam pengumuman ini, pada acara itu juga Fujitsu mengumumkan penawaran disk teknologi terbarunya yang mencapai 500GB.

Namun diantara Hitachi dan Fujitsu memiliki jalan pendekatan yang lain dalam pemasaranya berbeda dengan 500GB Samsung. Semua disk maker ini menggunakan 3 buah disk platters, namun Hitachi dan Fujitsu mencapai 500GB dengan meng expanding ketebalan dari drive dari 9.5mm–menjadi 12.5mm, penambahan ketebalan ini tentu saja memiliki efek pada ukuran dan volume yang harus di tampung oleh laptop nantinya.

Sedangkan Samsung’s Spinpoint M6 drive berputar pada 5,400 rpm (revolutions per minute). Hitachi’s drive juga memiliki kecepatan yang sama, namun Fujitsu menurunkan kecepatan nya apda 4200 rpm.

Hitachi’s drive seharusnya sudah mulai di pasarkan sejak February, namun setelah menjalani jalan yang panjang akhirnya drive ini pun kabarnya akan di distribusikan mulai bulan May tahun ini.

1TB di Laptop akan menjadi kenyataan

Semenjak Spinpoint M6 memiliki ukuran yang memadai untuk chassis multimedia notebook, kata Higginbotham, director dari hard drive sales di Samsung Semiconductor. 2 drive akan di gabung memungkinkan sebuah notebook memiliki media penyimpanan sampai 1TB, katanya.

Di bandrol dengan harga $299, hard drive tersebut telah di pasarkan secara OEMs ke seluruh PC makers, dan akan berada di toko toko dalam hitungan bulan. Samsung juga tidak menyebutkan PC makers mana yang akan menggunakan disk nya ini.

Pada Consumer Electronics Show awal tahun ini, Asus mengumumkan M70S laptop, dimana spesifikasi di dalamnya terdapat 500GB drives dari Hitachi.

Samsung juga memiliki produk lainya yaitu Spinpoint MP2 hard drive, sebuah 2.5-inch drive dengan kapasitas 250GB. yang di gunakan untuk Desktop replacement notebook, workstations dan blade servers, Disk ini katanya memiliki kecepatan read and write yang lebih cepat dibandingkan dengan M6 karena perputaranya 7,200 rpm.

comments powered by Disqus