S3 Graphics Hadir dengan teknologi GPGPU

October 24, 2008

Reading time ~2 minutes

Chrome 400 Chipset GPU S3 terbaruChrome 400 Chipset GPU S3 terbaru

Beberapa tahun yang lalu VIA-telah mengakuisisi S3 Graphics maka pantas saja saat itu tidak pernah lagi terdengar kabar dari S3 graphics adapter ini Sementara NVIDIA dan ATI terus memeperlihatkan teknologi baru mereka, dan menjadikanya berada di jajaran terdepan. Sementara di lain pihat ternyata S3 hanya berusaha untuk tetap berada pada posisi yang relevan di dalam industry GPU ini karena tidak akan mudah untuk menciptakan ruangan bagi kompetitor kecil sekelas teknologi S3.

Berita terakhir perusahaan ini telah mengeluarkan sebuah aplikasi photo-editing yang mendemonstrasikan sebuah program metode baru yang disebut dengan GPGPU (general-purpose computing on graphics processing units) yang akan memiliki fungsionalitas pada DirectX 10.1 Chrome 400 graphics cards. S3 mengklaims ini adalah hasil kerja keras yang di hasilkan dari HPC environment untuk menghasilkan GPU dengan kemampuan dapat memperpendek waktu processing pada program scientific atau applications lain dari hitungan hari menjadi second kita akan percaya setelah kita melihatnya, namun walau bagaimanapun ini tetaplah hal yang mengagumkan.

Mungkin selama ini kita melupakan kehadiran S3 karena di bombardirnya kita oleh produk ATI dan Nvidia di dalam graphics market, namun perlu kita ketahui S3, masih tetap eksis bahkan saat ini mereka malah menghasilkan sebuah GPGPU technology.

Menurut S3, GPU ini adalah hasil dari complete re-design dari arsitektur Chrome general purpose programmable shader yang berada pada DirectX 10.1 Chrome 400-series chips. dengan begini chipset ini akan memberikan SIMD instruction untuk mengkalkulasi parallel data lewat ratusan threads.

general manager dari S3, Dr Ken Weng, mengklaim bahwa teknologi S3 Graphics GPGPU technology dapat dimanfaatkan untuk dalam High-Performance Computing (HPC), HD video transcoding/encoding, scientific, engineering, medical, imaging, physics, dan area lainya.’ S3 saat ini belum memberikan detail bahasa pemrograman di dalam GPGPU ini, namaun direncanakan ini akan mensupport OpenCL di masa mendatang.

Untuk mendemontrasikan teknologi ini S3 telah mengeluarkan sebuah aplikasi photo-enhancing yang disebut dengan S3FotoPro, dengan menggunakan algorithms tertentu untuk meng adjust warna di dalam photos, tentu saja termasuk didalamnya mengurangi haze dan fog serta smoothing skin. Program ini tentu saja memanfaatkan GPGPU acceleration pada saat menggunakan S3 GPU, Walaupun ini dapat di gunakan oleh CPU anda secara langsung. anda dapat men download S3FotoPro secara gratis.

Hasil processing photo dari S3 cardHasil processing photo dari S3 card

comments powered by Disqus