Revolusi OpenOffice

September 30, 2010

Reading time ~1 minute

Berganti nama, OpenOffice menjadi LibreOfficeBerganti nama, OpenOffice menjadi LibreOffice

Baru baru ini Openoffice mengalami revolusi yang sangat drastis, kabar ini merebak ke internet setelah para developer dari OpenOffice memututskan untuk melakukan perubahan besar besaran pada software open source ini revolusi ini adalah sebagian bentuk sikap mereka yang akhirnya bisa membebaskan diri dari Oracle, dan semua jenis perusahaan yang mencoba menempel pada software besar ini. Mungkin saja Oracle memiliki rencana yang berbeda untuk Open Source project OpenOffice ini ? Siapa yang tahu. Namun sebagaimana mestinya yang kita ketahui, Oracle telah membeli Sun Microsystems pada tahun ini, dan pada dasarnya itu juga sudah menyangkut dengan Open Office.

Sehingga dengan demikian, OpenOffice pun berubah menjadi LibreOffice, entah ini untuk masa waktu sementara atau untuk selamanya ? siapa yang tahu, karena Brand dari OpenOffice saat ini telah menjadi milik dari Oracle, sehingga para developer mesti mengganti brand OpenOffice dengan nama yang lain. Untuk komunitas OpenOffice.org juga akan mengalami perubahan, mereka akan berubah menjadi “The Document Foundation” yang merupakan:

  • Sebuah fondasi independen yang dibangun dari komunitas OpenOffice.org.
  • Akan melanjutkan fondasi/organisasi ini setidaknya selama 10 tahun yang di dedikasikan oleh komunitas OpenOffice.org.
  • Lahir dari organisasi/ fondasi yang Independen yang terbaik untuk memberikan software terbaik kepada para pengguna.
  • Dan ini tetap terbuka untuk siapa saja yang menyetujui terhadap nilai dasar dan kontribusi dari aktivitas yang kami miliki.
  • Menerima partisipasi dari berbagai perusahan misalnya dengan mensponsori setiap individu untuk bekerja sama bersama dengan para kontributor yang ada di dalam komunitas.
comments powered by Disqus