Regional Cable Network untuk Asean

June 02, 2009

Reading time ~1 minute

Fiber optik untuk ASIAFiber optik untuk ASIA

Setidaknya 8 perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia akan berencana untuk bergabung dan membangun kabel fiber optic dan membuat interkoneksi antar regional asia untuk kepentingan perekonomian asia.

Konsorsium yang disebut dengan kabel Asia-Pacific Gateway (AGP) akan dipasangkan dengan panjang lebih dari 8,000 kilometer dari korea selatan sampai ke Malaysia. Kabel ini secara langsung akan menghubungkan China, Japan, Taiwan, Philippines, Hong Kong, Vietnam, Thailand dan Singapore dalam 1 kabel, yang diperkirakan akan memiliki bandwidth hingga 4 terabits per second.

Mereka menyatakan kalau mereka membangun kabel ini untuk mengantisipasi akan adanya kebutuhan infrastruktur regional sebagaimana proses ekonomi terus berkembang diantara kedua regional ini dan kabel ini akan memiliki back-up dari kabel sebelumnya. Kabel ini direncanakan akan mulai beroprasi pada trimester tahun 2011 dan secara keuangan dimiliki oleh China Telecom, China Unicom, Chunghwa Telecom, KT, NTT Communications, PLDT, Telekom Malaysia dan Vietnam VNPT.

comments powered by Disqus