Redhat coba standarisasikan teknologi Cloud

September 09, 2009

Reading time ~1 minute

Delta cloud mengkomunikasikan berbagai jenis cloudDelta cloud mengkomunikasikan berbagai jenis cloud

Red Hat bersama dengan Deltacloud sedang mengembangkan sebuah standar open source API untuk pengalamatan [intlink id=”1240″ type=”post”]arsitektur cloud[/intlink] yang berlainan dengan cara yang lebih uniform. Cloud service user dengan demikian dapat menggunakan Deltacloud API untuk mengakses Amazon EC2 dan juga sebagai private cloud yang berbasis Red Hat Enterprise Virtualisation (RHEL-V); driver untuk private cloud dapat menggunakan VMware ESX clouds dan cloud service yang ditawarkan oleh Rackspace.

Deltacloud memperkenalkan API baru ini dengan lebih simple, umum,  dan juga platform-independent access. Deltacloud Portal juga telah memberikan sebuah web UI yang memungkinkan kita untuk mengakses REST API. Deltacloud Proxy nantinya akan digunakan oleh para developer yang ingin membuat user interface mereka sendiri; diberikan juga code untuk melakukan track pada cloud account, user authorisation dan resources akan mengizinkan para developer untuk fokus pada user interface mereka.

Adanya banyak jenis cloud API adalah inti dari hadirnya deltacloud yang ikut memfasilitasi development dari cloud application ini, sehingga nantinya banyak aplikasi yang dapat di program secara independen berdasarkan cloud aktual yang digunakan pada sebuah environment. Dengan demikian Red Hat mengharapkan OS mereka dapat membantu komunikasi antar cloud yang berbeda ini.

DeltaCloud API dan Portal menggunakan lisensi LGPL dan GPL yang sudah dapat anda download. Dokumentasi mengenai API, Ruby client, driver dan driver development juga sudah tersedia.

comments powered by Disqus