Qualcomm SnapDragon

June 13, 2009

Reading time ~2 minutes

Logo SnapdragonLogo Snapdragon

Laptop terbaru dengan menggunakan Qualcomm akan menyebutkan produk ini dengan smartbook dia lebih kecil dan lebih tipis, saat ini Asustek Eee PC netbook line-up menjadi produk andalanya, karena menggunakan 1GHz Snapdragon processor netbook dengan processor ini tidak membutuhkan heat sink ataupun cooling fan, ungkap Hank Robinson, vice president dari business development dari Qualcomm. Qualcomm Snapdragon memiliki spesifikasi 1GHz Arm processor core, 600MHz digital-signal processor dan hardware video codec yang terintegrasi. Saat ini, netbook Asustek Eee PC line sangat bergantung dengan Intel processor, dengan alasan low-cost, low-power Atom chip, yang memiliki platform x86 processor core.

Qualcomm memenuhi permintaan Asustek yang membuat netbook ini dapat dirampingkan hingga 10-inch screen saja, built-in webcam dan sudah termasuk juga universal 3G radio yang mensupport semua jenis UMTS dan CDMA network untuk semua frekuensi di seluruh dunia kata Robinson. yang lebih mengagumkan lagi, walaupun dalam mode seluler yang laptop kecil ini mampu berjalan dari 8 hingga 10 jam.

Setidaknya ada 2 jenis Snapdragon yang digunakan pada Eee PCs saat di pamerkan di Qualcomm booth saat di Computex exhibition Taipei keduanya berjalan diatas running Linux, salah satunya berjalan diatas Android dan lainya berjalan diatas Xandros. Saat ini masih bersifat prototype yang di lakukan oleh Compal Electronic, yang juga menjalankan Android.

Untuk harga dan keberadaan processor ini masih belum tersedia informasinya dari Asus, namun Qualcomm memperkirakan laptop pertamanya akan keluar dari pasaran pada akhir tahun ini. Selain Asustek, Toshiba juga berencana mengeluarkan produk dengan mengguakan Snapdragon-based handheld. Acer, LG Electronics dan Samsung Electronics juga berencana yang sama ungkap Luis Pineda, senior vice president of marketing and product management dari Qualcomm. dari 15 perusahaan yang berbeda setidaknya ada 40 jenis desain device berdasarkan chip ini.

Snapdragon-based device yang akan keluar tahun ini memiliki spesifikasi 1GHz Arm processor core; kecepatan processor akan meningkat menjadi 1.3GHz tahun depan, dengan dikeluarkanya Qualcomm Snapdragon 8650A, kata Pineda. 8650A, kemungkinan akan memakan lebih sedikit daya listrik dibandingkan pendahulunya.

comments powered by Disqus