Programmer harus bersiap siap hadapi HTML 5

June 27, 2009

Reading time ~2 minutes

Image by: JasonhImage by: Jasonh

HTML 5 adalah sebuah bahasa baru yang akan menjadi upgrade dan perbaikan dari generasi bahasa web sebelumnya yang tentunya kali ini, HTML 5 akan banyak mengalami upgrade pada spesifikasi Web presentation, tidak menutup kemungkinan, kalau HTML 5 juga akan menjadi pengganti game untuk Web application development, walaupun sebelumnya sudah mendukung sistem plug-in-dengan Internet application (RIA) yang kaya akan teknologi seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Sun JavaFX.

World Wide Web Consortium (W3C) baru baru ini membuat proposal mengenai spesifikasi  HTML 5 hal ini dipicu dari pengembangan akan aplikasi web yang terus berkembang sesuatu yang tidak dapat di penuhi oleh HTML pada masa saat ini. Dengan kata lain HTML 5 nantinya akan menghilangkan gap antara Flash, Silverlight, dan JavaFX yang sedang mengisi pangsa pasar web application.

Sebagaimana yang kami ketahui InfoWorld Test Center telah melakukan penelitian mengenai teknologi baru pada Microsoft Silverlight 3 dan Adobe Flex 4, Flash 4, dan juga Catalyst rich Internet application. HTML 5 juga nantinya akan menyandang posisi yang sama misalnya nantinya spesifikasi HTML 5 mampu mendongkrak kemampuan web untuk menangani video dan graphic di Web. Teknologi HTML 5 yang disebut sebut dengan Canvas, digunakan untuk 2-D drawing pada sebuah Web page akan menjadi andalan bagi pengguna web yang suka mendesain web kelas berat hal ini telah di coba oleh Apple, Google, dan Mozilla. “Beberapa fitur dari HTML 5 seperti Canvas, local storage, dan Web Worker akan mengizinkan kita untuk melakukan hal yang lebih banyak melalui browser” ungkap Ben Galbraith, yang merupakan co-founder dari Ajaxian Web site dan co-director dari developer tools di Mozilla. Local storage akan mengizinkan anda untuk bekerja dengan menggunakan walaupun koneksi internet anda ngedrop anda masih dapat bekerja, ini akibat dari the “next generation” applications yang mampu menjalankan task lewat background, ungkapnya.

Web applications tentu saja akan lebih menarik, kata Ian Fette, project manager dari Google untuk Chrome browser: “Web application akan bekerja lebih cepat dan akan memberikan user experience yang lebih baik dan menghilangkan batasan antara online apps dan desktop apps”.

Jadi bagi anda para web developer, programmer, bersiap siaplah untuk mengupgrade pengetahuan anda karena pemrograman HTML akan ber evolusi di waktu dekat ini. Tentu saja, kehadiran HTML 5 ini menimbulkan ketakutan bagi para developer flash, silverlight dan JavaFX, karena sebagian fitur utama yang mereka miliki telah sanggup di adopsi oleh HTML 5.

[Sumber: ComputerWorld]

comments powered by Disqus