Potensi IT Admin untuk melakukan Hack dan Pencurian data

November 19, 2008

Reading time ~1 minute

Masa masa saat ini dimana orang orang IT menjadi peranan penting dalam berbagai industri, saat ini anda harus memperhatikan tentang keberadaan posisi IT admin di perusahaan anda, baru baru ini di San Jose, California, network administrator mendapatkan hukuman penjara 12 tahun karena bersalah dan telah melakukan hacking, pencurian ID, pencurian alat komputer dan penjualaan obat obatan.Menurut kantor penjara Santa Clara District, Andrew Madrid, 34, menggunakan skill IT nya untuk melakukan berbagai jenis kejahatan antara September 2006 dan March 2008.

“Ini merupakan kasus paling sophisticated dalam dunia computer crimes dan kantor kamu menjadi korbanya” kata Ben Field, deputi Santa Clara. “Kasus ini dimulai saat adanya intrusi komputer intrusion dalam network kantor dengan munculnya sebuah spyware, sedangkan spyware ini ternyata telah mencuri data data dari computer user yang ada di network, dan kadang kadang terjadi kerusakan pada data komputer melalui network.”

Salah satu korban Madrid adalah pada perusahaan sebelumnya, di Sunnyvale, California, Sebuah persusahaan teknologi tinggi. Menurut Field, Madrid menghancurkan data data pada servers perusahaan tersebut dengan harapan mereka meminta dia untuk kembali dan memperbaiki masalah yang telah dia buat sebelumnya.”

Untuk membuat proses hacking ini menjadi sulit untuk dilacak Madrid menggunakan wireless open network dari tetangganya, kata Field. Dengan posisi sebagai security guard atau IT Admin, dia juga selalu pulang terlambat untuk mencari laptop dan peralatan komputer yang dapat dicuri kata Field juga. “Pastinya mereka mengetahui barang barang yang berharga”.

Dia juga dapat memiliki akses untuk memasuki gedung yang dilarang dengan mengambil security tag yang terletak di meja para pekerja di larut malam.

“Dengan menjadi mantan network administrator, dia juga dapat bicara seperti selayaknya seorang IT guy,”. Madrid bahkan menggunakan pakaian penjaga security untuk melakukan kejahatanya. Madrid saat ini telah di nyatakan bersalah di kehakiman Santa Clara. Dia dituntut dengan hukuman 6 sampai 12 tahun penjara.

comments powered by Disqus