Phase-change Memory

October 12, 2009

Reading time ~1 minute

PCM, teknologi baru mobile devicePCM, teknologi baru mobile device

Phase-change memory (PCM) adalah sebuah tipe memory baru yang nantinya akan menggantikan memory yang biasa digunakan pada mobile phones saat ini. Bertahun tahun lamanya perusahaan semiconductor melakukan riset mengenai PCM, yang hingga saat ini masih tergolong sebagai memory experimental. PCM melibatkan material seperti kaca glass, material tersebut akan merubah keadaan atom yang telah diatur sedemikian rupa. Sedangkan keadaan sebuah material ini saling merespon memiliki kecepatan dari 1s(detik) 1s dan 0s dalam proses komputasi komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data.

Perusahaan seperti Intel dan Infineon Technologies telah banyak terlibat dalam riset teknologi PCM ini pengembangan yang dilakukan selama bertahun tahun meliputi percobaan untuk memperkecil ukuranya dan mencoba juga meningkatkan kapasitas penyimpanan nya. Banyak juga yang meragukan PCM yang kabarnya nantinya akan menggantikan NAND ataupun NOR flash memory yang saat ini banyak digunakan pada banyak mobile device.

PCM chip ini akan digunakan pada mobile device dan akan mengalamai penurunan 30% penggunaan konsumsi daya  dan 40% “penurunan kapasitas” ungkap Harry Yoon, senior manager of technical marketing of Samsung Semiconductor. Samsung ternyata telah memproduksi 512 megabit PCM chip, tambah Yoon. Produksi dari chip ini akan mulai saat customer akan membutuhkanya. Walaupun demikian memory ini memang lebih bagus dan lebih kecil namun membutuhkan proses yang lama dan bertahun tahun untuk menyebarkanya ke semua mobile devices, ungkap Jim Handy, seorang analyst dari Objective Analysis dari semiconductor market research firm. Produksi memori saat ini masih berkisar pada 34 nanometer, dan proses ini akan menurun menjadi 10 hingga 12 nanometer, ungkap Handy.

comments powered by Disqus