Permudah bekerja dengan VMWARE

November 09, 2008

Reading time ~1 minute

Bagi anda yang sering menggunakan atau mencoba coba software software yang ada di internet, mungkin anda tidak ingin menggunakan PC anda secara langsung untuk mencobanya, hal ini beralasan karena anda takut akan terdapatnya malware, virus, ataupun spyware yang terdapat didalam program tersebut, lalu apa yang dapat anda lakukan ? tentu saja dengan menggunakan Virtual Machine, dengan Virtual Machine memungkinkan anda untuk menggunakan OS virtual didalam OS anda, sehingga anda dapat menginstall program secara langsung di OS Virtual tersebut.Pendek kata, menggunakan OS virtual ini terkadang membuat kita sering lupa, akan shortcut key nya, sehingga kita mengalami kesulitan untuk berpindah dari Virtual OS ke Real OS, berikut adalah beberapa shortcut key penting dari VMWare.

Berikut adalah list beberapa shortcut key penting Vmware:

F11 Pindah mode dari full-screen mode dan kembali ke normal mode Ctrl-Alt-Insert Mengirimkan Ctrl-Alt-Delete kedalam VMware OS Ctrl-Alt Keluar dari full screen mode Ctrl-Alt-Enter Mengembangkan VM kedalam full-screen mode. Jika anda memiliki beberapa VM yang berjalan, ini akan memindahkan diantara virtual machine Ctrl-Alt-Tab Berpindah ke VM lainya dengan menggerakan mouse Ctrl-Tab Berpindah ke VM lain tampa menggerakan mouse namun VMware akan menjadi active window Ctrl-Alt Keluar dari mouse kontrol Virtual machine dan kembali ke mouse host. Ctrl-Alt-Space Mengirimkan keyboard sequence ke VMware server dari VMware guest tampa harus dikenali oleh VMware Server. Beberapa fungsi yang dapat dilakuakn melalui keyboard dengan VMware Server terdiri dari:

Ctrl-N Buat VM Ctrl-O Buka VM Ctrl-F4 Hapus tab VM Ctrl-D Edit config VM Ctrl-G Mengambil input dari mouse/keyboard pada VM (Sama dengan click pada console VM dengan mouse) Ctrl-P edit VMware Preferences Ctrl-B power VM Ctrl-E power off VM Ctrl-R reset power VM Ctrl-Z suspend VM

comments powered by Disqus