Performance GPU tergantung fabrikasinya (Radeon 4870)

December 25, 2008

Reading time ~2 minutes

Biasanya, setelah anda menetapkan GPU yang ingin anda gunakan, anda akan mulai bingung mengenai fabrikasi mana yang yang cocok untuk anda ? mengingat banyak sekali vendor yang mengeluarkan card dengan GPU yang sama, baru baru ini tomshardware mencoba untuk membandingkanya berdasarkan harga, feature, dan performance dari 2 GPU Radeon HD 4870 design yang diproduksi oleh Palit HD 4870 Sonic Dual Edition dan Sapphire HD 4870 Toxic Edition—berdasarkan AMD reference design untuk menilai vendor mana yang memberikan best value dan apakah ada perbedaan secara signifikan ?

AMD Reference card, masih Naked..AMD Reference card, masih Naked..

Proses kerja

Saat ini AMD mengikuti mekanisme Nvidia dengan cara mendesign reference board untuk GPU terbaru dan memberikan design tersebut ke sebagai yang akan dibuat. Reference designs biasanya telah di set secara default dengan set clock speed yang rendah dan menggunakan cooler yang tidak begitu bagus. Namun, reference design bukanlah produk yang akan diberikan kepada konsumer saat GPU baru ini hadir.

Third-party vendor kemudian diberikan pilihan untuk memilih dan mendesain dari reference designs yang keluar dari NVidia dan AMD ini dan mencoba melakukan inovasi pada produk ini. Dengan kata lain third-party vendor yang melakukan modifikasi dari manufaktur GPU reference design dengan menggabungkanya dengan berbagai jenis teknologi dan memasukanya dengan sejumlah dan tipe memory, juga dengan melakukan overclocking pada GPU atau pada memory, menggunakan cooler yang lebih baik dari desain dan fungsinya, dan menawarkan berbagai jenis output pada mounting bracket (dengan HDMI adn DisplayPort misalnya).

Third-party vendor jugalah yang melakukan bundle software yang biasanya berisi game atau aplikasi untuk setting with graphic card. Berdasarkan kriteria tersebut secara otomatis para manufacturer akan menerima penyerapan keuntungan yang lebih besar? dan akhirnya kita pun membandingkan produk dengan GPU yang sama dengan dari 2 vendor yang berbeda.

Eksplorasi masing masing card.

Masing masing card di explorasi dari bentuk dan desainya, material PCB, jenis Memory merk, kecepatan dan sebagainya, lalu memperhatikan kelengkapanya, fitur tambahanya, dan yang terakhir adalah performancenya, yang untuk jenis card dengan GPU Radeon 4870, teknologi yang dikeluarkan Palit lebih Murah, fitur yang memadai dan performance yang sangat menarik namun dengan pendingin yang tidak ekstrim.

Dengan begini anda dapat berkesimpulan bahwa, produk dengan branding dan kelengkapan tinggi belum tentu memberikan kepuasan dalam segala hal, terbukti dengan Palit… dan anda perlu mempelajari bagaimana caranya agar anda dapat memilih produk yang tepat, dengan mengikuti urutan kerja yang dilakukan tomshardware.

comments powered by Disqus