Perbaiki WordPress Fatal Error Saat Auto Upgrade

December 24, 2009

Reading time ~1 minute

Sudah sampai ver 2.9.1Sudah sampai ver 2.9.1

Jika anda menggunakan wordpress blog pada web anda, dan sudah menggunakan versi 2.7.1 keatas, maka mungkin saja anda sudah terbiasa menggunakan fasilitas “auto upgrade” yang disediakan dari wordpress, hanya dengan 3 kali klik, maka dengan mudah wordpress mengupgrade semua komponen wordpress menjadi versi yang lebih baru. Saat anda menggunakan wordpress 2.9 mungkin beberapa host anda akan menemukan error saat anda mengupgrade wordpress misalnya dengan menampakan error semacam ini:

[sourcecode language=”plain”]
Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 7680 bytes) in /home/xyz/public_html/abc/tuv/wp-includes/kses.php(1005) : runtime-created function on line 1
[/sourcecode]

Jika ini permasalahanya, ini disebabkan karena web host biasanya membiarkan PHP memory limit menjadi 8mb saja, sedangkan saat mengupgrade wordpress, program ini membutuhkan lebih dari itu, sehingga kita harus merubah PHP memory limit tersebut.

Cara termudah untuk melakukan ini anda tidak perlu merubah konfigurasi server anda. Anda boleh tambahkan code ini pada wp-config.php anda dan lakukan upgrade sekali lagi.
[sourcecode language=”php”]
define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ’96M’);
[/sourcecode]

comments powered by Disqus