Peneliti melakukan riset untuk “Nano Wires”

September 19, 2007

Reading time ~1 minute

Nanowires dapat menyimpan data sampai 100,000 tahun dan dapat membaca data 1000 kali lebih cepat dari data storage yang ada pada saat ini Salah satu yang sudah hadir adalah solid-state drives yang pernah di publish di CES 2007 — Meningkatkan kecepatan boot dan mengurangi random access times saat mengakses data yang tersimpan didalam solid-state memory module — Ini merupakan hanya masalah waktu saja, sampai ditemukanya sesuatu yang lebih besar lagi yang membuat SSD technology lebih baik.Para peneliti dari Universita Pennsylvania yang bernama Ritesh Agarwal dan rekan nya sedang mengembangkan nanowires yang dapat Menyimpan sampai 100,000 tahun dan membaca data 1000x lebih cepat daripada media penyimpanan saat ini.

Teknologi Nanowire ini juga menggunakan energi yang sedikit dan hanya membutuhkan ruang yang kecil. “Bentuk form dari memory ini menjadi potensi untuk merevolusioner bagaimana kita akan membagi data, transfer data dan bahkan mendownload entertainment,” kata Agarwal.

Teknologi ini berdasarkan self-assembling nanowire dari germanium antimony telluride, dimana fase ini mengganti material antara amorphous dan crystalline structures — yang menjadi salah satu kunci rahasia dari read/write memory. Agarwal juga mengclaim dalam testing data writing, erasing dan retrieval process yang hanya membutuhkan 50 nanoseconds dan hanya mengkonsumsi 0.7 mW listrik per bit nya.

Teknologi ini juga mampu mencapai terabit-level. Seperti saat ini, Belum ada yang mengetahui kapan teknologi ini akan menjadi mass production dan megngantikan form yang lama secara menyeluruh.

comments powered by Disqus