PC Idaman TeknoInfo

October 17, 2008

Reading time ~7 minutes

Teknologi komputer semakin maju pesat, tentu saja para enthusiast PC akan berencana untuk mulai meng upgrade PC nya di akhir tahun ini, namun ada juga beberapa user yang akan merakit PC baru ? berikut adalah PC Idaman Ala Tekno Info. Tentu saja PC ini akan mengeruk isi kantong anda, namun dapat juga anda gunakan sebagai perbandingan atau acuan untuk merakit pc baru anda. Simak selengkapnya PC idaman teknoinfo berikut ini:

Processor

2 Buah Intel Core 2 Extreme QX9775 CPUs ( 1 CPU sudah WOW bagaimana dengan 2 ? )

Sekarang sudah zamanya Quad core jika pc anda ingin bertahan dalam kurun waktu 2 – 4 tahun mendatang, minimal anda membutuhkan teknologi 8 threads. dan seperti yang anda ketahui Intel 3.2GHz Core 2 Extreme QX9775s adalah processor paling “GILA” yang dimiliki Intel dengan spesifikasi: L2 cahce 12MB L2, Clock Speed 3.20 GHz dan FSB1600 MHz, kali ini anda akan menggunakan 2 buah processor ini sekaligus dalam sistem anda!

Memory

8GB Corsair FB-DIMM ( 1pcs = 2GB max 4pcs ) + Corsair Dominator fan

Kebanyakan konsumer belum mengetahui tentang teknologi “fully buffered” DIMMs, sebagai memory yang cocok digunakan untuk workstations. Jika memori ini digabungkan untuk memproses serial ataupun paralel interface didalamnya anda membutuhkan sebuah memory dengan teknologi advanced memory buffer didalamnya agar mesin machines yang akan anda gunakan mampu memproses tampungan 128GB RAM. Hal ini tentunya akan mengakibatnya latency dan panas yang begitu tinggi pada AMB, sehingga anda harus menggunakan Corsair Dominator fan untuk menjaga agar memory modules anda tetap dingin.

Power Supply

PC Power dan Cooling Turbo Cool 1200 ( 1,200W PSU yang paling handal saat ini )

Kebanyakan dari 1,000-watt PSUs akan mengalami drop jika anda menjalankan Dream Machine’s ini, sehingga kita akan menggunakan PC Power dan Cooling. dengan menggunakan sistem pengkabelan yang dapat di kostumasi (custom-wired ) beserta pendingin Turbo Cool 1200, akan memberikan anda lebih dari cukup untuk menjalankan semua perangkat anda dengan stabil.

Spesifikasi:

  • 1.2KW Continuous (1.4KW peak) @ 50°C
  • Fits Std. ATX Cases (20″ min. depth)
  • +12VDC @ 100A (115A pk) (Massive Single Rail)
  • High Efficiency (83%); .98 Active PFC
  • Rock-Solid, Super-Clean DC Output
  • 24-pin, Dual 8-pin, 4-pin M/B Connectors
  • Six PCI-E and 15 Drive Connectors
  • NVIDIA® SLI Certified (Up to Tri-SLI GTX280)
  • CrossFire Certified (Dual 4870 X2 or Tri-HD 4870)
  • Individual 14-point Certified Test Report
  • 7-Year Warranty; Unbeatable Support

Motherboard

Intel D5400XS ( mother of motherboard )

Salahssatu motherboard Intel yang dulunya berseri V8 S5000XVN dan digunakan pada processor dual-Xeon dan di rubah menjadi enthusiast board, which it wasn’t. Intel banyak mengambil pelajaran pada motherboar seri V8 nya dan berhasil membuat sebuah Skulltrail D5400XS board. Dengan dukungan 8 FB-DIMM slots dan fitur SAS. Selain itu motherboard ini juga mendukung Cross-Fire, overclocking, dan hal tradisional lainya, tidak lupa akan kapabilitasnya dengan Intel ICH9R south bridge. D5400XS’s juga menambahkan kemampuanya untuk mensupport SLI via dengan menggunakan two nForce 100 chips. dan itu akan menjadikanya satu satunya platform yang mendukung CrossFire ataupun SLI out secara langsung dengan public drivers yang sudah tersedia.

Cooling

Enermax Everest FanEnermax Everest Fan

A Custom Water-Cooling Always the best!

Tentu saja anda mengharapkan agar pc ini tidak bising dan mungkin juga anda ingin mengganti casing pc anda dan memiliki ukuran yang terbatas ? Custom Water-Cooling akan sangat membantu anda, yaitu dengan menggunakan Black Ice Pro2 X?ow radiator, dan 2 buah slimmer fan radiator yang dapat anda cari dipasaran terdekat, sedangkan untuk reservoir anda dapat menggunakan Danger Den’s single-bay tank. Super-powerful DD12V-D5 pump akan memastikan flow rate dari fluid anda akan berjalan dengan lancar bersama dengan Feser One clear UV-reactive coolant. Sebagai tambahan karena kita menggunakan dual processor kita menggunakan CPU blocks D-TEK FuZion v2, agar processors anda akan tetap dingin dari batas batas yang wajar. 2 buah silent Enermax Everest 12cm fans akan mengatur coolant temperature agar tetap rendah.

DD12V-D5 PumpDD12V-D5 Pump

Black Ice Pro2 X? ow Radiator Black Ice Pro2 X? ow Radiator

D-TEK FuZion v2 CPU BlocksD-TEK FuZion v2 CPU Blocks

Video Cards

2x ATI Radeon 4870 X2s ( Double performance dari GeForce GTX 280 )

Keputusan Nvidia untuk tidak mensupport konfigurasi skulltrail untuk GeForce GTX 280 membuat kita terpaksa menggunakan single GeForce GTX 280 atau berpindah ke sistem single-processor yang memungkinkan kita untuk menggunakan SLI. Namun hal ini akan menguntungkan ATI karena dual-GPU card jika dipasangkan pada motherboard skulltrail kecepatanya akan sungguh signifikan, menurut 3DMark score untuk ATI 2x lebih cepat dibandingkan single GeForce GTX 280.

Soundcard

Creative Labs Sound Blaster X-Fi Titanium

Seperti yang kita ketahui Onboard audio telah tumbuh berkembang dan semakin canggih, namun tentu saja ini masih jauh bagi standard seorang enthusiast kejernihan suara dan kemampuan processing suara merupakan bagian hal yang sangat penting dari perangkat audio ini, penggunaan audio yang sudah terintegrasi ke mother board tentu saja akan menyebabkan terjadinya perlambatan di sisi performance pc itu sendiri karena membebani processeor terlebih lebih jika perangkat audionya menggunakan hardware acceleration. Dengan adanya Creative’s Sound Blaster X-Fi Titanium Fatal1ty terbaru memiliki fitur di redesainya kembali card ini untuk mensupport PCI Express. Juga telah memiliki standard Dolby Digital encoding dan sepasang optical SPDIFs.

Optical disk

LG Super Multi Blue GBW-H20L

Dengan menggunakan LG’s GBW-H20L Blu-ray burner, kita tidak membutuhkan DVD lain yang terpisah untuk memburn dan membaca media cd. Namun saat ini top Blu-ray burner hanya mampu mencapai 8x untuk DVD+R. dan GBW-H20L bukan hanya telah mencapai pembakar tercepat untuk BD-R saat ini (6x), namun telah mencapai 16x DVD+R.

Storage Disk

2x Western Digital Velociraptors + 3x Samsung D103UJs

Media penyimpanan dengan High-performance haru di bagi menjadi 2 segmen untuk sebuah sistem yang stabil yaitu: speed dan size. disatu sisi, Western Digital’s Velociraptor. adalah sebauh fastest storage drive saat ini, namun hanya menawarkan 300GB untuk kapasitas nya. Sedangkan Samsung’s HD103UJ akan mengkombinasikan terabyte storage dengan top-of-the-line performance untuk masalah size nya. Dengan begitu kita akan membuat Velociraptors dalam setting RAID 0 array. nah itu untuk kedepatanya.
Sedangkan untuk kebutuhan kapasitas, kita akan menggunakan 3x HD103UJ drives dengan setting RAID 5. Ini akan memberikan kita 2TB Storage yang disertai dengan backup apabila salah satu diantara disknya fail.

Monitor

Monitor ini adalah monitor mahal sekaligus monitor yang tepat dari sisi warna dan penggunaanya, anda akan menemukan kenyamanan sebenarnya dalam menggunakan monitor ini sebenarnya sangat sulit mencari monitor yang berkualitas di kelas ukurang yang besar, semakin besar semakin berkurang performance dari sisi ns dan contrast rationya, namun kali ini DELL memiliki feature yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainya sebut saja:

  • High-Definition 30? Panel – Offers ultra-high resolution and superb color for content-creators, designers, video, gaming and entertainment.
  • 2560 x 1600 Native Resolution – Offers up to 77% more content compared to Dell 24-inch monitors.
  • 3000:1 Dynamic Contrast Ratio – Produces darker blacks for sharper images, crisp text, better color saturation and greater detail for HD entertainment.
  • TrueHD 1080 – Supports higher definition than HD Television and comes with an integrated HDMI connection.
  • Dell TrueColor Technology – 100% of NTSC color gamut for rich, life-like imagery that has accurate color representation better tones and hues, and can support up to Adobe 98 color standard.
  • Extensive Connectivity – Seven connection options: VGA, DVI-D with HDCP, HDMI, S-Video, Component, Composite and DisplayPort give you a wide range of connection options.

Casing

HP Blackbird 002

Casing ini merupakan casing PC termahal dan menjadi casing Impian bagi para pengguna PC, tidak perlu lagi disebutkan review nya, karena harga case ini hampir sama dengan harga 2 Processor diatas, jadi pastinya case ini sudah sangat worth untuk di sandingkan dengan peripheral lainya, semua feature dari konsep bay, cooling dan modelnya sudah tentu sangat unik dan keren kata anak muda, untuk melihat review nya mungkin bisa bermain ke situs Anandtech tentang HP Blackbird 002 dan lebih detail lagi HP Blackbird 002.

Mouse dan Keyboard

Microsoft Natural Ergonomic Keyboard 4000 + Logitech G5 Rev. 2

Jika anda berencana untuk menghabiskan waktu lebih sering dengan keyboard sudah barang tentu anda membutuhkan keyboar yang comfort dan durable. Itulah sebabnya kami memilih Natural Ergonomic 4000 dari Microsot sedangkan untuk mouse nya, anda membutuhkan mouse yang mampu mengirimkan pixelsecara akurat khususnyda dalam penggunakan gaming beserta kenyamanan saat bermain DOTA atau WoW. G5 mampu memberikan itu semua.

Speaker

Logitech Z-5500 Digital

Sudah tidak diragukan lagi….. belum ada yang menandinginya untuk kualitas kelas pc, berikut feature yang sudah tersedia, memang kami mengakui terdapat produk lain yang lebih mahal namun kualitas dan kenyamanan penggunakan, instalasi masih lebih baik Logitech Z-5500 Digital ini, berikut adalah featurenya:

  • Onboard 5.1 Digital Decoding: Hear every detail of your favorite Dolby® digital and DTS soundtracks.
  • THX Certified Sound: Settle for nothing less than the THX seal of approval for master quality.
  • 505 Watts: Turn any room of your house into a powerful theater.
  • 10″ Long-throw Subwoofer and Tuned Bass Port: Get 188 watts of powerful, distortion-free bass.
  • Aluminum Phase Plug Satellites: Combine the clarity of a tweeter with the richness and fullness of a separate mid-range.
  • Digital and Analog Inputs: Add up to 6 components simultaneously.
  • Digital SoundTouch™ Control Panel: Change volume on all speakers, set inputs and more.
  • Wireless Remote: Control up to seven sources, even PCs and video games.
  • Wall-Mountable Satellite Speakers: Just rotate the stands to switch from desktop to wall.
comments powered by Disqus