Pantau trafik web anda dengan Google Analytics

June 30, 2009

Reading time ~1 minute

google-analystGoogle Analytics

Dari begitu banyak produk buatan google salah satu yang menjadi favorit saya adalah Google Analytics.

Google Analytics adalah program berbasis web dari Google yang fungsinya adalah menganalisa traffic dari sebuah web, cukup setting web apa yang akan dianalisa tentukan beberapa parameter, setelah itu Google Analytics akan menggenerate scrip yang bisa langsung kita gunakan di web atau juga di blog.

Begitu scrip dari Google Analytics. kita “tanam” di web, kita bisa langsung mendapatkan laporan berapa orang yang telah berkunjung ke web kita.

Google Analytics menyediakan banyak fasilitas, seperti tread apa yang paling sering dilihat, dari negara mana pengunjung anda, dengan browser dan dengan koneksi apa mereka membuka web anda, berapa persen pengunjung yang melalui referral (link dari tempat lain), berapa pengunjung langsung atau pun mendapatkan masuk melalui search engine.

google-analyst2

Tampilannya Google Analytics pun cukup menarik, karena segala sesuatunya di sajikan dalam bentuk grafik dan enak dilihat. Dan bila anda bekerja sebagai seorang admin dari suatu web dan harus memberikan laporan ke-owner atau atasan, tak perlu repot – repot lagi, karena Google Analytics pun menyediakan fasilitas eksport.. hohohoho, dan tidak tanggung – tanggung pula, mau eksport ke PDF, XML, CSV atau mau langsung kirim ke email? Aaghhh.. itu tidak masalah.. ^^.

Kesimpulannya adalah, jika anda hanya hanya ingin mengetahui berapa banyak pengunjung web anda, saya rasa Google Analytics sudah lebih dari cukup, karena fasilitasnya sudah disediakan semua dan sangat ampuh, lagi pula tidak diperlukan waktu lama kok  untuk mempelajarinya ^^. (spd)

comments powered by Disqus