Palm WebOS

January 22, 2009

Reading time ~2 minutes

Palm Web OS, Generasi Mobile OS Baru dari PalmPalm Web OS, Generasi Mobile OS Baru dari Palm

Palm bau baru ini mengeluarkan mobile platform terbarunya yang disebut dengan webOS, yang mereka bangun dari dasar. Palm Pre akan menjadi mobile device pertama yang menggunakan OS dengan platform ini. Beberapa fitur utama dari Palm WebOS:

Linked contacts – Dengan adanya teknologi Synergy, anda akan memiliki single view yang saling me link contact anda dari berbagai sumber. Sebagai contoh, jika anda memiliki contact di Outlook, Google dan Facebook account anda, Synergy akan mengenali apakah dia ini orang yang sama atau tidak dan me links informasi tersebut, menampilkanya dalam 1 listing. Dan jika anda mengupdate contact pada webOS device, ini juga akan meng updated ke beberapa account, apakah itu di personal computer ataupun di web.

Layered calendars – Calendar anda akan terlihat berlapis lapis dengan single view, menggabungkan work, family, friends, sports teams, atau interest lainya. Anda dapat melihat kalender dalam 1 waktu dengan mudah atau melihat semuanya.

Combined messaging – Synergy juga akan menampilkan segala hasil pembicaraan degnan chat-style view, bahkan walaupun anda menggunakan IM dan ingin mereply melalui sms. Anda juga dapat melihat siapa yang active pada buddy list dari contact,dan memulai percakapan dengan one touch.

Web applications – Semua Application langsung terhubung dengan web dan akan selalu active

Run multiple applications at the same time – OS ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara langsung dan dan melakukan flip dari satu aplikasi ke aplikasi lainya.

Instinctive user interface – Dengam menggunakan multi-touch interface, webOS membuat anda mudah bekerja seperti menggunakan deck cards dan mengatur item ikon dengan mudah dengan mendrag nya; jika anda selesai anda tinggal membuang nya. Selain itu OS ini juga dilengkapi dengan universal search – apapun yang anda akan cari, OS akan melakukan search dan menampilkan result nya dari device maupun dari web.

Intuitive notifications – Pada saat hal penting muncul misalnya yang berhubungan dengan update, anda akan menerima notifikasi yang bagus. Sebagai contoh, jika anda menerima text message atau email, makan akan ada scrolling notifications bar pada bagian bawah layar anda untuk menjadi perhatian anda atau anda akan membukanya nanti.

Palm Pre dijadwalkan akan hadir pada awal tahun 2009 ini.

comments powered by Disqus