Oracle BI analytic di handset IphoneOracle BI analytic di handset Iphone

Oracle baru baru ini akan mengembangkan aplikasi untuk Apple iPad dan juga iPhone sebagai salah satu bagian dari penambahan fitur dari produk BI (business intelligence) software, Business Intelligence Release 11.1.1.5 akan memberikan fitur baru kepada pengguna iPhone dan iPad tampa harus mensetting ulang dashboard dan juga report, ungkap Oracle. Proses integrasi ini akan berlangsung dengan 2 arah.

Fitur lain dari BI 11.1.1.5 adalah luasnya dukungan akan data sources, disini akan termasuk dengan Oracle TimesTen in-memory database, SQL Server Analysis Services dan juga SAP Business Information Warehouse. Oracle juga memberitahukan kalau aplikasi BI terbarunya ini sudah memiliki prebuilt modul untuk berbagai area bisnis, seperti financial, human resource dan juga project.

Aplikasi rilis 7.9.6.3 ini mengalami perubahan pada user interface dengan adanya akses baru ke geospatial data, peningkatan pada kemampuan data modeling dan juga peningkatan pada jumlah tools untuk system management, testing dan juta patching.

Secara keseluruhan rilis baru ini Oracle telah memasukan banyak tweak penting yang akan mendongkrak fungsionalitas  untuk end user,” ungkap IDC analyst Dan Vesset sehingga diharapakan software ini sangat mudah di deploy dan di integrasikan. Hal yang masih terlihat samar samar bagaimana dengan strategi Oracle untuk mengembangkan BI melalui aplikasi Fusion dimasa mendatang apakah akan memberi efek kepada orang yang menginvestasi BI.

Saat ini tren mobile BI semakin bergejolak, ungkap analyst Boris Evelson dari Forrester Research yang memprediksikan kalau iPad dan tablet lainya akan membuat banyak perubahan dalam penggunaan dan pemanfaatan software, hal ini tentu saja akan menjadi market baru untuk “Aplikasi Analytical BI yang dapat menampilkan dan berinteraksi dengan berbagai informasi walaupun dalam layar yang kecil.

Software Oracle terbaru ini akan bertarung mati matian dengan rival rivalnya seperti SAP, IBM dan juga SAS Institute, yang tentu saja sudah mengendalikan market BI analytic.

comments powered by Disqus