Optimasi Penggunaan Memory Firefox

December 16, 2009

Reading time ~2 minutes

Firefox 3.5Firefox 3.5

Mungkin anda belum menyadari kalau Firefox kadang kadang membuat pc kita menjadi sangat sangat lambat. Hal ini disebabkan oleh karena managemen memory yang ada pada Firefox tidaklah begitu sempurna, khususnya ketika anda sedang menjalankan firefox dalam waktu yang sangat lama dan jumlah tab yang sangat banyak. Dengan demikian kita memerlukan sebuah cara khusus agar Firefox lebih responsif terhadap penggunaan memory RAM , Berikut ini ada 3 tweak yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi firefox anda.

Perlu anda ketahui, trik ini hanya akan membuat firefox anda tidak akan mempercepat proses anda melakukan loading website, namun trik ini akan membantu anda untuk menggunakan memory tidak dalam jumlah yang banyak, sehingga anda akan hanya menggunakan sedikit RAM.

browser.sessionhistory.max_total_viewers

Didalam Firefox, buka tab baru (Ctrl+T) dan ketik about:config pada bagian address bar. Klik tombol I’ll be careful, I promise! dan ketik nama variable browser.sessionhistory.max_total_viewers pada kotak Filter text box.

Variable ini akan menentukan bagaimana Firefox akan menyimpan page didalam memory, jadi ketika kita menekan tombol Back dan Forward maka proses rendering pagenya akan lebih cepat. Default nya nilainya adalah -1, yang berarti jumlah page yang disimpan memory bergantung dari total RAM yang dimiliki system saat itu. Anda dapat mengganti nilainya menjadi 0 (dengan cara double-click pada variabel tersebut), yang berarti ini menginstruksikan kalau Firefox tidak akan menyimpan hal ini kedalam memory.

Variabel: browser.sessionhistory.max_total_viewers
Nilai: 0

Gunakan Flashblock extension untuk hanya meload Flash on demand

Flash sudah lama di dukung oleh Linux namun sayang nya performance nya kurang bagus, walaupun saat ini sudah menggunakan Flash plugin hingga versi- 10.0.22.87. Firefox scroll tetap saja masih lambat khusus nya pada web yang diperkaya oleh Flash dan terkadang setelah beberapa jam, Flash video mulai hang dan tidak dapat bekerja atau mengeluarkan suara. Jika anda mengalami hal ini, maka Flashblock extension akan sangat bermanfaat untuk anda, tools ini akan memungkinkan anda hanya untuk memperlihatkan Flash video on demand saja, anda dapat mendownloadnya melalui the Mozilla add-ons page. Untuk mengaktifkan hal ini, anda harus mengaktifkan JavaScript untuk menggunakanya (Edit -> Preferences -> Content dan tick opsi Enable JavaScript).

browser.cache.memory.capacity

Buatlah variable baru dengan nama browser.cache.memory.capacity pada about:config dan beri nilai 0. Untuk menambahkan variabel baru ini, anda dapat melakukan klik kanan dan klik New -> Integer, masukan nama variabelnya dan berikan valuenya menjadi 0. Variabel ini akan mendisable memory cache secara total dan tentu saja ini akan melonggarkan penggunaan RAM anda. Nilai default nya adalah -1, yang tentu saja akan di set otomatis jika tidak di definisikan. Atau variable ini juga dapat mengeset custom memory size, seperti 16 (jika anda memiliki 256 MB RAM dan variabel di set ke -1) atau 32 (untuk system dengan memory 512 MB). Setting ini juga dapat diganti dengan menggunakan variabel browser.cache.memory.enable menjadi false.

Variable: browser.cache.memory.capacity
Value: 0

comments powered by Disqus