Opteron EE, versi hemat energy ala AMD

April 27, 2009

Reading time ~1 minute

amdSetelah diadakanya Earth Day, AMD memperkenalkan prosesor generasi terbarunya yang efisien energi, prosesor ini menempati jajaran Opteron processor yang kabarnya hanya mengkonsumsi 40W daya. Processor yang terbuat dari wafer 45nm Quad-Core ini disebut dengan AMD Opteron EE processor yang ditargetkan untuk pengguna data center environment atapun yang ini membuat cloud computing, web serving, ataupun yang environment friendly.

Quad-Core AMD Opteron EE processor mengalami efisiensi yang signifikan dibandingkan Quad-Core AMD Opteron HE processor yang mengalami penurunan konsumsi daya sampai 13% ataupun 14% saat processor dalam keadaan idle.

Pada performance level yang sama, EE processor mampu meningkatkan 62% performance-per-watt dibandingkan generasi sebelumnya. AMD juga menyatakan kalau high performing processors ini juga akan tersedia dalam HE, standard, dan SE power band, juga mendukung teknologi HyperTransport 3 dan fitur fine-tuning yang disebut dengan AMD Core Select, yang membuat IT manager dapat mematikan 1 atau lebih core, dan mempermudah mereka untuk melakukan tune pada hardware untuk operasi yang spesifik.

comments powered by Disqus