OpenGamma PlatformOpenGamma Platform

OpenGamma sebuah perusahaan software yang berbasis UK ini telah mala mengembangkan platform untuk melakukan analisis finansial sehingga para perusahaan financial service dapat mengkombinasikan data managemen mereka dan melakukan kalkulasi dan analysis dengan single framework. Platform ini masih dalam tahap pengembangan dan baru baru ini di released sebagai open source, menggunakan dual-licensed dengan lisensi Apache 2.0 atau lisensi komersial. Preview baru di rilis dalam versi “beta-quality release” sebagaimana yang telah dilakukan test QA oleh OpenGamma.

Versi 0.7.0 akan meliputi data management layer dan juga live data subsystem, calculation engine, analytics library, time series management system dan juga library client yang dibentuk melalui Java dan C#. Hal ini bertujuan untuk mempermudah aplikasi tersebut di support secara “ad-hoc, near-real-time-streaming, batch/overnight and scenario/stress-test analytic calculations“.

Untuk saat ini, belum tersedia pre-built data adapter untuk melakukan ekstraksi data dari sumber seperti Bloomberg ataupun Thomson-Reuters; walaupun demikian OpenGamma juga sudah memiliki adapter untuk ini.

OpenGamma didirikan pada tahun 2009 dengan dana sebesar $8.15 juta dollar dari Accel Partners dan juga FirstMark Capital untuk membiayai pengembangan ini. Saat ini 70% dari pekerjanya bekerja di bagian research and development dan bekerja dengan keras untuk membangun front-office and risk analytics systems untuk beberapa financial services provider. Dengan demikian, untuk mempercepat pertumbuhan software ini, perusahaan ini akhirnya merilis platform mereka sebagai open source yang merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan dan mengadopsi teknologi.

Bagi para developer yang teratrik dengan OpenGamma platform anda dapat bergabung ke developers.opengamma.com disitu anda dapat mendownload berbagai dokumentasi, informasi, rilis note, dan jiga JIRA issue tracker, forums dan juga link ke GitHub site OpenGamma.

comments powered by Disqus