Nvidia GTX 460, rajanya kelas mainstream

July 13, 2010

Reading time ~2 minutes

Card Nvidia terbaru Murah dan PowerfullCard Nvidia terbaru Murah dan Powerfull

NVIDIA pada waktu yang lalu telah kalah saing dengan AMD saat mereka mengeluarkan produk yang di bandrol dengan harga $300 dengan produk GeForce GTX 465, untuk bersaing dengan pasar, teknologi core GF100 ini terpaksa menurunkan harganya menjadi $279. Walaupun demikian, hal ini juga belum meningkatkan suskes nya NVIDIA, karena tidak dapat memaksimalkan core yang ada pada GF100 yang mengakibatkan konsumsi daya yang sangat tinggi, menyebabkan Nvidia menyerah oleh AMD Radeon HD 5850.

Dengan demikian, produk GTX 465 adalah pelajaran buat Nvidia ketika mereka ingin memotong teknologi untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis user harus membayar penggunaan daya yang tinggi dengan performance yang tidak seimbang.

Namun kali ini NVIDIA kembali bangkit dengan sesuatu yang lebih baru tentunya, karena mereka baru saja mendesain core baru yaitu GF104 dengan produk GTX 460. Kelebihanya tentu saja chip ini di desain lebih kecil dibanding GF100, GF104 adalah basis core untuk jajaran produk GTX 460 yang akan menyempurnakan produk GTX 465 mereka dalam hal performance. Dengan harga kisaran seharga $199 ini merupakan card murah dengan performance yang sangat memadai yang dapat diberikan oleh NVIDIA dalam sepanjang sejarah produk NVIDIA.

Spesifikasi NVIDIASpesifikasi NVIDIA (sumber Anandtech)

GF104 akan menjadi jantung seri GTX 460 yang tentu saja akan mengisi jajaran keluarga Fermi. GF104 menggunakan 1.95 milyar transistor, yang tentu saja hampir berukuran die milik AMD Cypress pada seri 5800. Sebagai komparasi perbedaan diantara 2 teknologi ini NVIDIA hanya berbeda 200 juta transistor lebih sedikit dibandingkan dengan transistor milik AMD Cypress, ini berarti NVIDIA GF104 menjadi GPU terbesar yang pernah di buat oleh NVIDIA bersamaan dengan harga yang ditawarkan NVIDIA.

Jika anda pengguna kelas menengah, dan ingin menikmati game berat dengan harga murah, Graphic card ini dapat menjadi teman anda saat ini. Selain sudah mendukung DirectX 11, produk ini akan menggeser GTX 465 dengan harga yang lebih murah, Graphic card ini memiliki performance lebih baik dari Radeon HD 4870 walaupun penggunaan daya yang sedikit lebih tinggi. Diatas benchmark grapchic card ini akan menjadi produk yang sangat digemari oleh kalangan mid range.

comments powered by Disqus