Misteri AMD dan Windows Driver

April 28, 2009

Reading time ~1 minute

amdBagi anda yang memiliki laptop AMD, mungkin anda akan mengalami masalah overheating pada laptop anda khususnya setelah anda mengupdate driver langsung dari Microsoft (anda dapat menyimak tentang “The Case of the Overheating Laptop dari solo technology**). hal ini tadinya di identifikasi karena adanya masalah pada hardware, ternyata hal ini tidak benar, karena ada sesuatu yang salah pada drivernya.

Solo Technology mencoba menguji hal ini dengan melakukan clean install ’ Windows XP SP3 pada mesin AMD 64 Mobile Athlon 3000+ laptop. Pertama tama laptop berjalan dengan mulus dan tidak ada masalah, kemudian akan muncul suara noise pada fan yang berarti CPU semakin panas.

Walaupun anda mencoba mengupdate melalui Microsoft Update hal ini tidak akan berhasil, karena driver yang dikeluarkan windows tidak sepenuhnya berjalan dengan benar mengenai AMD. Hingga akhirnya ditemukan sebuah artikel mengenai kelemahan pada AMD K7 sebelum menginstall Service Pack 1 (pada artikel technet).

Lalu, permasalahanya ditemukan pada website AMD juga khususnya jika anda menginstall aplikasi  PowerNow! Dashboard. Aplikasi kecil ini ternyata “berbahaya” karena dapat menyebabkan CPU akan bekerja lebih keras dan lebih cepat. dan menyebabkan processor ini bekerja pada full throttle! dan otomatis ini akan menyebabkan panas.

Jika anda menemukan hal ini, maka anda dapat mencoba menggunakan driver yang pernah dikeluarkan AMD dan menginstall AMDk8.sys driver. jika setelah driver anda di install dan di reboot kemungkinan anda akan memiliki laptop yang lebih dingin.

Nampaknya Microsoft Update telah memberikan driver yang salah dan pastikan anda selalu menggunakan driver dari vendor yang sesuai (AMD).

comments powered by Disqus