Miniatur Reaktor Nuklir akan dijual dalam 5 tahun mendatang

November 10, 2008

Reading time ~2 minutes

Hyperion, Toshiba, dan lainya, sedang berlomba lomba memproduksi tenaga nuklir “personal”. Dengan menggunakan teknologi yang di lisensi dari pemerintah A.S. Sebuah perusahaan dari Arizona berencana untuk menghadirkan generasi terbaru dari miniatur reaktor nuklir ke pasaran. Hyperion Hydride Reactor tidak lebih besar dari sebuah bak mandi, alat ini secara total terlindung dengan aman dan dapat bekerja sendiri, tidak ada spare part yang bergerak selain isi ulang dibutuhkan untuk maintenance beberapa waktu saja. Reaktor ini akan memiliki 27MW, cukup untuk menghidupi 20,000 rumah, kata Hyperion Energy, sedangkan untuk model pertama, sedang dalam tahap perakitan dan akan hadir dalam waktu 5 tahun mendatang.Berbeda halnya dengan reaktor nuklir konvesional, ciptaan Hyperion ini tidak menggunakan air untuk pendinginya, artinya ini dapat diletakan dimana saja. Namun teknologi ini memiliki cara sendiri dalam bekerja khususnya dalam desainya yang terbuat dari konkrit khusus pada reaktornya dan di kuburkan saat alat ini beroprasi, untuk menghindari resiko overheat. Reaktor ini harus di isi ulang setiap 7 sampai10 tahun sekali.

Ukuran perkiraan Mini ReaktorUkuran perkiraan Mini Reaktor

Instalasinya yang digabungkan dengan Air PortableInstalasinya yang digabungkan dengan Air Portable

“Our goal is to generate electricity for 10 cents a watt anywhere in the world”, says Hyperion CEO John Deal.

Saat ini saja sudah 100 order yang meminta untuk alat ini, Khususnya dari industri minyak dan listrik. reaktor ini menggunakan uranium hibrida sebagai sumber tenaganya, yang dikelilingi oleh gas hydrogen. Sehingga bahan isi ulang ini tidak dapat digunakan untuk senjata nuklir.

Dilain tempat Toshiba juga sedang mengerjakan project mini reaktor nuklirnya dengan nama “4S”, dengan kependekan dari “super-safe, small, and simple”. 4S akan menghasilkan 10 MW dan dapat bertahan 30-40 tahun untuk isi ulang. Teknologi 4S menggunakan pendingin sodium, dan mengguanakn liquid lithium-6 untuk mengsenyawakan reaktor, Sama seperti Hyperion reaktor Toshiba juga terlindung dan bebas maintenance untuk operasinya.

Toshiba mengatakan reaktor ini akan menghargai listrik sebesar 5 sen /kWh. Demontrasi untuk 4S direncanakan akan hadir pada tahun 2012, dan akan diadakan di Alaskan village of Galena. Selanjutnya Toshiba akan menawarkan 4S di Amerika selatan dan Eropa.

[Dailytech]

comments powered by Disqus